BELAJAR SAINS BERSAMA ANAK: EKSPERIMEN SUSU AJAIB

 

eksperimen susu ajaib

Mempelajari ilmu pengetahuan sedari kecil itu penting. Terutama bagi anak-anak di masa Golden Age. Dimana otak anak-anak tengah berkembang begitu pesat. Daya pikir dan nalar mereka pun turut berkembang. Sehingga kerap kali mereka merasa penasaran atas suatu hal yang dilihat, didengar, dan dirasa.

Sebagai orang tua alangkah baiknya memanfaatkan rasa penasaran mereka dengan ilmu pengetahuan. Tentunya dengan cara yang menyenangkan. Tidak perlu terlalu jauh berpikir ingin membuat hal yang luar biasa. Cukup membuat permainan seru dengan bahan yang ada di rumah.Misalnya, membuat playdoh home made

Dalam artikel kali ini. Saya ingin mengajak kalian, Ayah dan Bunda untuk melakukan sebuah keseruan bersama anak. Cukup menggunakan bahan atau alat peraga yang ada di dapur. Coba kalian tengok, apakah ada susu cair, pewarna makanan, dan sabun cuci piring. Kalau ada, yuk bersenang-senang dalam percobaan sains. Eksperimen susu ajaib.

BELAJAR MENYENANGKAN DENGAN EKSPERIMEN (PERCOBAAN) SAINS

Seperti yang kita ketahui bahwa masa emas pertumbuhan anak mulai rentang usia dari 0-6 tahun. Pada usia tersebut sangat menentukan perkembangan anak di masa pertumbuhan selanjutnya.

Periode ini sangat penting. Sebagai orang tua pastinya kita ingin anak kita memiliki daya pikir yang brilliant. Paling tidak anak dapat menangkap suatu hal secara logis. Sehingga beberapa orang tua rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk memasukkan anaknya ke tempat-tempat pelatihan.

Sebenarnya untuk belajar sebuah ilmu pengetahuan dapat dilakukan dari rumah. Kita hanya perlu rajin mencari ide permainan. Saat ini media platform manapun sudah banyak melahirkan content creator yang berisi ide bermain.

Bahkan banyak dari content creator tersebut membuat content tentang sains yang disajikan secara menyenangkan. Saya sering menemukan content belajar sains bersama anak di media sosial, baik di Instagram atau Facebook. Lalu mencobanya bersama anak di rumah. Salah satunya percobaan lilin mati setelah ditutup gelas.

EKSPERIMEN SUSU AJAIB

Eksperimen susu ajaib merupakan sebuah percobaan sederhana. Dinamakan susu ajaib karena susu yang diberi warna dan sabun, ternyata menghasilkan sebuah keajaiban. Warna-warna akan terlihat seperti pelangi dan seolah menari. Atau bahkan warna akan meledak dari dasar piring dan muncul ke permukaan susu.

Melihat keajaiban yang terjadi. Saya yakin, rasa penasaran anak-anak akan meningkat. Sama seperti respon anak saya ketika melakukan percobaan susu ajaib. Dia ingin ikut mempraktekkan dan kegirangan melihat reaksi warna dalam piring. Hingga akhirnya timbul pertanyaan. Kenapa bisa begitu?

Yuk, Ayah dan Bunda. Kita manfaatkan kinerja otak anak semaksimal mungkin agar mereka berpikir secara logis. Melalui percobaan dalam artikel ini. Let do it yourself with kiddos.

BAHAN

Seperti yang dikatakan. Bahan percobaan atau alat peraga, bisa didapat di dapur, yaitu:

  • Dua piring keramik putih
  • Susu cair ±200 ml (saya menggunakan susu kotak UHT plain)
  • Pewarna makanan (minimal dua warna)
  • Sabun cuci piring cair
  • Cotton bud

MEMULAI PERCOBAAN

Jika semua bahan sudah tersedia. Kita akan mulai percobaannya. Dalam artikel ini saya akan buat dua percobaan. Pertama menggunakan cutton bud dan yang kedua cukup meneteskan sabun.

PERCOBAAN PERTAMA (PELANGI DALAM PIRING)

Ikuti langkah-langkah percobaan sebagai berikut:

  1. Tuang susu ke dalam piring (tuang setengah)
  2. Teteskan pewarna makanan ke dalam piring berisi susu (dua atau tiga tetes cukup untuk setiap warna). Teteskan dengan berjarak (usahakan jangan sampai tercampur warna lain).
  3. Langkah berikutnya, olesi cutton bud dengan sabun
  4. Lalu, celupkan cutton bud ke dalam susu
  5. Lihat dan perhatikan!

PERCOBAAN KEDUA (LEDAKAN WARNA)

Tahapan langkah di percobaan kedua sebenarnya kurang lebih sama seperti percobaan pertama, yaitu:

  1. Tuang sisa susu ke dalam piring (setengahnya)
  2. Teteskan pewarna makanan ke dalam piring berisi susu.
  3. Tuang setetes sabun cair ke dalam piring (dapat di tuang dua atau tiga tetes di titik yang berbeda)
  4. Lihat dan perhatikan!

Dari kedua percobaan yang dilakukan. Apa yang terjadi?

HASIL PERCOBAAN

Hasil percobaan yang telah dilakukan. Susu dan warna-warna yang sudah di tuang ke dalam piring. Awalnya nampak diam. Namun, ketika cotton bud yang diolesi sabun atau meneteskannya secara langsung. Maka akan timbul reaksi.

Dalam percobaan pertama. Saat cutton bud yang diolesi sabun menyentuh susu. Terjadi reaksi pada warna-warna yang semula diam kemudian bergerak, seolah menari, dan menebarkan warna menjadi pelangi dalam piring. Seperti dalam video di bawah ini.

Sedangkan dalam percobaan kedua. Saat piring berisi susu dan warna-warna di tetesi sabun. Seketika warna-warna yang tadinya hanya diam. Bereaksi begitu cepat, seolah terlihat meledak. Ledakan warna dari dasar piring dan menyemburkannya ke permukaan. Ini hasil percobaan kedua yang saya lakukan di rumah.


ILMU PENGETAHUAN DIBALIK EKSPERIMEN SUSU AJAIB

Eksperimen susu pewarna dan sabun. Sebuah percobaan yang menghasilkan tegangan permukaan tinggi. Hal ini karena adanya jaringan ikatan hidrogen dan molekul antara susu dengan sabun yang berlawanan satu sama lain.

Susu terdiri dari air, protein, mineral, dan lemak. Lemak tidak bisa bercampur dengan air. Ini yang disebut hidrofobik (benci air). Lemak dalam susu tidak bercampur dengan air. Tidak juga bercampur dengan pewarna yang berbahan dasar air. Oleh karenanya setelah meneteskan pewarna ke dalam susu. Warna tetap berada dalam tetesan (tidak menyatu dengan susu).

Sabun cuci piring mengandung hidrofilik (suka air) dan juga hidrofobik. Ujung hidrofilik larut dalam air. Sedangkan hidrofobik larut dalam lemak sehingga memecah lemak dalam susu menjadi misel (bola-bola lemak yang sangat kecil).

Kumpulan sains dan Eksperimen untuk Anak Sekolah

Jadi, saat mencelupkan cotton bud atau meneteskan sabun ke dalam susu. Kalian sedang mengubah molekul lemak menjadi misel. Alasan terjadinya efek berputar-putar atau bergerak yaitu karena misel ingin tetap menyatu, tetapi keberadaan sabun memecahnya. Menyebabkan terjadinya pertempuran diantara molekul-molekul tersebut.

Selama proses pertempuran ini. Pewarna makanan terbentur dan terseret bersama molekul susu dan sabun. Sehingga warna-warna yang berada di dalamnya terlihat seolah menari atau terlihat seperti meledak.

KATA PENULIS

Setelah melakukan percobaan. Eksperimen susu ajaib. Reaksi anak-anak bagaimana, Ayah dan Bunda? Apakah membosankan atau anak-anak jadi ketagihan main eksperimen?

Kalau anak saya, malah jadi ketagihan. Dia senang melihat warna-warna yang bergerak saat mencelup cotton bud. Bahkan takjub saat meneteskan sabun ke dalam susu yang berakhir menjadi ledakan warna dan menyemburkan warnanya ke permukaan susu dengan cepat.

Sekian artikel kali ini. Terima kasih, ya, sudah membaca sampai akhir. Semoga bermanfaat dan siapa tahu jadi ingin merasakan bermain percobaan sains. Eksperimen susu ajaib.

BELAJAR SAINS BERSAMA ANAK: EKSPERIMEN SUSU AJAIB BELAJAR SAINS BERSAMA ANAK: EKSPERIMEN SUSU AJAIB Reviewed by Dwi Noviyanti on September 18, 2023 Rating: 5

No comments:

Followers

Powered by Blogger.