KECANGGIHAN LAPTOP ASUS VIVOBOOK 14X OLED DIMATA ABOT (SI LAPTOP TUA)

 

asus vivobook 14x oled m1403

Hai, kenalkan. Gue, Abot, laptop si pemilik blog Mengalir Dalam Proses. Yap, dia adalah perempuan bernama Dwi—majikan Gue. Kalian tahu gak, kenapa Gue dinamakan Abot?

Menurut Dwi, saat pertama kali kita bertemu, dia angkat Gue, eh tiba-tiba nyeletuk, “Berat juga, ya.”

Nah, dari situ-lah muncul ide menamakan Abot. Dalam bahasa jawa, abot artinya berat. Wajar, sih, berat tubuh Gue memang mencapai 2 kilogram.

Kita sering berinteraksi saat malam setelah dia pulang kerja dan Sabtu-Minggu. Kebersamaan kita bisa menciptakan sebuah maha karya berupa cerpen, artikel, atau konten untuk media sosial. Gue suka banget, ngeliat wajah Dwi yang lagi semangat nulis (mencet keyboard Gue sampai kaya orang kesurupan, hehehe).

Sudah banyak karya tulis Dwi yang tersimpan di memori Gue, kadang karya-karya tersebut dia kirim ke even menulis seraya mengucapkan mantra, “Bissmillahirrohmanirrohim. Kalah atau menang urusan belakangan.”

Saat dia tahu ada karya tulis yang berhasil jadi pemenang atau tulisan terbaik. Dia senang banget dan kegirangan. Gak lama pasti Gue dicium-cium dan dipeluk-peluk sampai Gue geli. Akhirnya kita sama-sama kegirangan berdua dalam kamar. Itu momen paling berharga banget. Hingga momen berharga itu berganti dengan nestapa.

Laptop tua yang lahir di tahun 2010-an kaya Gue, kayanya memang waktunya untuk pensiun. Dua  tahun belakangan ini tubuh mulai ringkih dan rewel, membuat Dwi kecewa, kesal, atau menangis. Terkadang saat dibutuhkan, Gue tidak mau menyala. Tiba-tiba suka mati sendiri. Kabel power konslet. Atau menghapus file tulisan yang sudah cape-cape Dwi tulis selama delapan jam. Bahkan, saat ini Gue harus menggunakan alat penopang hidup saat digunakan. Huh, rasanya sudah tidak sanggup menjalankan tugas dari Dwi.

asus vivobook 14x oled m1403

Sampai tadi malam, Gue lihat Dwi masuk ke website www.asus.com/id . Dia lihat produk-produk laptop merk ASUS di sana. Hingga masuk dalam halaman khusus berisi spesifikasi sebuah laptop yang sangat canggih di mata Gue. Asus Vivobook 14X OLED M1403.

LAPTOP ASUS VIVOBOOK 14X OLED

Saat mengetahui Dwi buka website ASUS. Gue mikir, apa dia mau beli laptop baru, ya? Apa jangan-jangan Gue mau diganti? Kok Gue jadi sedih. Rasanya gak mau kebersamaan kita berakhir.

Namun, logika menampar Gue hingga sadar. Dwi butuh laptop baru. Laptop yang sehat. Laptop yang teknologinya selaras dengan perkembangan zaman. Bukan laptop tua kaya Gue yang ribet, penyakitan, berat, lambat, dan suka ngadat.

Tadi malam setelah merampungkan sebuah naskah, Dwi tidur tanpa mematikan Gue. Cakep, ada kesempatan buat ngorek informasi tentang Asus Vivobook 14X OLED. Gue masuk ke histori browser dan langsung cari website ASUS.

asus vivobook 14x oled m1403

Saat lihat laptop yang layarnya bisa dibuat datar seperti gambar. Dalam hati, Gue hanya bisa bilang, keren banget ini laptop. Kalau Gue digituin, yang ada patah ini leher. Tampilan fisik laptop Asus Vivobook 14X OLED memang terlihat sangat trendi dan kekinian.

Selain tampilan fisik yang memukau mata. Performa kemampuan Laptop Asus Vivobook 14X OLED sama dengan empat kali lipat kemampuan Gue. Pokoknya laptop terbaik versi Gue. Serius. Gak percaya? Sini, ikut. Bakal Gue tunjukin, kecanggihan Laptop Asus Vivobook 14X OLED dimata Abot (Si Laptop Tua).

ASUS VIVOBOOK 14X OLED M1403

Mengutip dari perkataan, Jonney Shih, ASUS Chairman,

ASUS sangat mencintai teknologi dan didorong oleh inovasi. Kami bermimpi, kami berani, dan kami berusaha untuk menciptakan sesuatu yang memudahkan dan menyenangkan bagi kehidupan digital semua orang. Kami selalu mencari ide dan pengalaman luar biasa, dan kami bercita-cita untuk mewujudkannya yang luar biasa dalam segala hal yang kami lakukan

Memang pada nyatanya perkataan Jonney Shih, benar-benar diwujudkan oleh perusahaan ASUS. Mereka telah banyak menciptakan produk laptop dengan fitur terkini yang memudahkan pekerjaan setiap konsumen yang menggunakan produk ASUS. Hingga dipercaya menjadi merek laptop konsumen No. 1 di Asia-Pasifik dan merupakan tiga besar vendor laptop konsumen secara global.

Tak hanya kemudahan yang ditawarkan oleh produk ASUS, tetapi sebuah inovasi yang dilakukan sesuai kebutuhan konsumen. Contohnya seperti disematkannya, antibacterial guard, 99% bacterial inhibition. Perawatan permukaan laptop, mencegah penyebaran bakteri yang berpotensi bahaya melalui kontak.

Menurut Gue, inovasi ini diciptakan diwaktu yang sangat tepat. Dimana saat peluncuran Laptop Asus Vivobook 14X OLED M1403 di tahun 2021. Masih berada dalam masa pandemi. Seperti yang kita ketahui bahwa penyebaran Virus Corona melalui kontak fisik. Sehingga dianjurkan sesering mungkin untuk mencuci tangan tiap kali melakukan kontak fisik. Adanya antibacterial guard dipermukaan laptop, menjadi perlindungan yang lebih maksimal bagi setiap pengguna Laptop Asus.

FITUR-FITUR CANGGIH ASUS VIVOBOOK 14X OLED M1403

Ternyata Laptop Asus Vivobook 14X OLED memiliki beberapa tipe. Setiap tipe memiliki keunggulannya masing-masing. Kalau bahas semuanya, takut Dwi bangun. Jadi, Gue mau bahas fitur-fitur canggih yang ada dalam satu produk laptop. Asus Vivobook 14X OLED M1403. Pertama Gue akan membahas tampilan fisik. Kedua kemampuan si Laptop Asus saat dijalankan. Tanpa berlama-lama, kita mulai tour fitur canggih calon laptop pengganti Gue. Gas, Cuk.

I. TAMPILAN FISIK

Pertama, Gue kasih tau kalian bahwa tampilan Laptop Asus Vivobook 14X OLED bisa terlihat trendi dan kekinian, berkat adanya fitur yang disematkan dalam tampilan fisiknya.

Kalian sudah lihat, kan, gambar layar yang bisa dipelintir sampai 180 derajat (serius, itu yang bikin Gue takjub). Kedua, beratnya hanya 1,6 kilogram. Lebih ringan dibanding Gue. Dwi jadi bisa bawa laptop kemana-mana saat butuh cari inspirasi nulis (gak kaya sama Gue, hanya terkurung dalam kamar).

Fitur lainnya pun tak kalah canggih. Tampilan fisiknya sudah tersemat dengan fitur berupa: Layar OLED, Keyboard dan Touchpad, Thermal Technology, Battery, Webcam, dan I/O Port.

Layar OLED

OLED merupakan kepanjangan dari Organic Light Emitting Diode. Sebuah teknologi layar menggunakan lapisan tipis dari bahan organic yang menghasilkan cahaya sendiri tanpa perlu lampu latar (backlight).

Pada Laptop Asus Vivobook 14X OLED. Layarnya sudah diperbarui dengan Asus Lumina OLED. Dimana kelebihan dari Lumina OLED ini yaitu:

  • Warna lebih detail
  • Warna di layar jauh lebih akurat
  • Tetap jernih meskipun layar redup
  • Visual lebih jelas tanpa efek blur

Selain kelebihan diatas, yang tidak kalah penting adalah mereduksi paparan sinar biru secara signifikan. Sehingga pengguna laptop tidak perlu khawatir saat berlama-lama menatap layar. Karena sudah terlindungi dengan disematkannya fitur OLED di layar Laptop Asus Vivobook 14X M1403.

Keyboard and Touchpad

asus vivobook 14x oled m1403

Saat baca spesifikasi keyboard yang disematkan Laptop Asus. Jujur, Gue, nangis. Jadi ingat setiap nemenin Dwi. Tiap kali dia ngetik pasti menggunakan banyak tenaga. Terutama huruf A, harus dengan tenaga ekstra, kalau tidak begitu huruf A tidak akan terbawa. Belum lagi keyboard Gue yang malapraktik—tekan tanda petik “ yang keluar tanda @.

asus vivobook 14x oled m1403

Touchpad di Laptop Asus Vivobook 14X M1403, pun tidak kalah canggih. Toucpad-nya ada unlock fingerprint. Jadi, pengguna tidak harus menghafal kata sandi tiap kali menggunakan laptop. Fitur ini pun menjadi salah satu fitur keamanan bagi pemilik laptop.

Thermal Technology

asus vivobook 14x oled m1403

Sudah lihat, kan, alat penopang hidup Gue—kipas angin. Penggunaan kipas angin pun harus diganjal lagi dengan tatakan agar kipasnya berfungsi.

Namun, berbanding terbalik jika menggunakan Laptop Asus Vivobook 14X OLED. Pokoknya anti ribet dan bebas lemot. Karena sudah tertanam dalam fisik Laptop Asus sebuah teknologi penghantar panas yang canggih—Thermal Technology.

Battery

Battery dalam Asus Vivobook 14X OLED M1403 memiliki kapasitas sebesar 70WH (Watt Hour). Bayangkan, laptop ini diperkirakan bisa hidup tanpa mencolok power supply kurang lebih selama 7 jam. Tidak kalah penting yaitu adaptor daya sebesar 90W. Memungkinkan laptop mengisi daya lebih cepat (fast charging).

Beda banget sama Gue. Battery dalam tubuh Gue sudah tidak berfungsi. Jadi, mau tidak mau harus mencolok ke power supply saat digunakan. Imbas mencolok terus menerus, Gue jadi cepat panas, menyebabkan performa jadi lambat dan cepat lelah.

Webcam

Tidak ketinggalan yaitu adanya fitur webcam, kamera web. Laptop Asus Vivobook menggunakan teknologi ASUS 3D Noise Reduction (3DNR). Dengan teknologi 3DNR secara signifikan meningkatkan kejernihan dan ketajaman gambar.

Dahlah, gak usah bandingin Gue dengan Laptop Asus Vivobook 14X OLED M1403. Kalah jauh. Dwi aja selalu nutup layar webcam Gue, setiap zoom meeting karena wajahnya jadi jelek dan gelap.

I/O Port

asus vivobook 14x oled m1403

Port yang dimilik Asus Vivobook 14X OLED M1403 super lengkap. Jadi mudah untuk menghubungkan semua periferal, layar, proyektor, atau device lainnya dalam satu waktu.

II. PERFORMA KEMAMPUAN

Tampilan fisik yang menurut Gue penting, sudah dibahas. Kita lanjut pembahasan performa kemampuan si laptop calon pengganti Gue. Asus Vivobook 14X OLED M1403.

Komponen paling penting sebuah laptop selain tampilan fisik yaitu: Prosesor, Memory, OS, Security, Wifi dan Bluetooth.

Prosesor

Asus Vivobook 14X OLED M1403 menghadirkan performa terbaik dari AMD RyzenTM up to 7 5800H Mobile Processor. Prosesor AMD RyzenTM merupakan komponen utama laptop yang membuat setiap tugas lebih mudah. Baik itu streaming, browsing, mengedit video chatting, atau tugas lainnya. Mampu berjalan dengan kecepatan Turbo Boost 4,4 GHz. Ini adalah generasi dengan performa tercepat hingga saat ini.

Memory

Untuk memory Laptop Asus Vivobook 14X OLED up to 16GB DDR4 (Double Data Rate 4) on board. DDR4 memiliki tingkat transfer data yang lebih cepat, kapasitas lebih besar, dan voltase lebih rendah dibanding generasi sebelumnya. Gak perlu lagi nge-resize ukuran video atau gambar karena ada tulisan ‘memori hampir penuh’.

Wifi dan Bluetooth

Asus Vivobook 14X OLED M1403 menawarkan rangkaian konektivitas nirkabel yang komprehensif yaitu WiFi 6. Dengan 4x kapasitas jaringan, lebih cepat 3x dari AC, dan 75% latensi rendah. Memungkinkan pengguna memuat konten online dalam sekejap mata.

Laptop Asus ini pun memiliki fitur Bluetooth® 5.3 wireless card. Jadi dapat menautkan perangkat yang memiliki fitur Bluetooth dengan seri terupdate.

Dwi bakalan senang banget. Soalnya dia tuh, suka menggunakan headphone atau earbud Bluetooth ketika mendengar musik saat nulis. Gue pernah disensiin karena gak ada bluetooth-nya, hehehe.

OS (Operating System)

Operating System Asus Vivobook 14X OLED M1403 sudah menggunakan Windows 11 Home. Sistem operasi ini menjadi penerus Windows sebelumnya.

Padahal menurut Gue. Windows 10 saja sudah sangat user friendly, apalagi generasi penerusnya. Pasti banyak kemudahan saat menggunakannya. Persis seperti kalimat ini.

Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas Anda sepanjang hari
asus vivobook 14x oled m1403

Security

Ada tiga sistem keamanan di Laptop Asus Vivobook 14x OLED M1403, yaitu:

  1. Fingerprint Sensor Integrated with Touchpad
  2. Trusted Platform Module (Firmware TPM)
  3. McAfee®  LiveSafeTM

Canggih banget gak, sih. Sistem keamanannya sampai ada tiga lapis. Jadi, gak perlu khawatir takut dibobol atau laptop disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

KESIMPULAN

Akhirnya jadi tahu, kan. Betapa canggihnya kandidat utama laptop calon pengganti Gue. Asus Vivobook 14X OLED M1403. Dari tampilan fisik saja, Abot (Si Laptop Tua) sudah diskakmat. Ditambah lagi dengan performa kemampuan yang berkali-kali lipat dari otak Gue.

Dahlah, pokoknya Gue rela dan ikhlas pensiun sekarang juga. Asal penggantinya si Laptop Asus Vivobook itu. Gak mau yang lain. Titik! Eh-eh-eh, kayanya Dwi bangun.

KATA DWI

Apaan ini? Ya, ampun …. Abot ngebajak blog Mengalir Dalam Proses! Duh, kecolongan. 

Abot gak salah, sih. Saya yang ceroboh gak matiin saat selesai digunakan. Tour fitur canggih calon laptop pengganti, hahaha. Ada-ada saja, kelakuan Si Abot.

Eh, tapi …. Setelah baca apa yang di spill Abot, kok jadi tambah sayang, ya. Gak nyangka dia seperhatian itu. Namun, di sisi lain kasihan juga. Ternyata dia kewalahan dengan banyaknya tugas yang dikerjain.

Maaf, ya, Abot. Insyaallah, dipensiunin lebih cepat dan penggantinya sesuai laptop yang kamu mau. Asus Vivobook 14X OLED M1403. Atau seri yang lebih canggih dari itu. Maka-nya kamu doain biar bisa menang dalam even ‘Blog Writing Competition, Laptop Terbaik ASUS Versi Gue’.

asus vivobook 14x oled m1403

KECANGGIHAN LAPTOP ASUS VIVOBOOK 14X OLED DIMATA ABOT (SI LAPTOP TUA) KECANGGIHAN LAPTOP ASUS VIVOBOOK 14X OLED DIMATA ABOT (SI LAPTOP TUA) Reviewed by Dwi Noviyanti on September 26, 2023 Rating: 5

No comments:

Followers

Powered by Blogger.