6 IDE BISNIS KARYAWAN

 

ide bisnis karyawan

Bagi seorang ibu pekerja. Saya yakin, dalam hatinya ada keinginan untuk keluar dari perusahaan. Terutama bagi ibu pekerja yang masih memiliki anak balita. Berkeinginan berdedikasi membesarkan dan mengasuh anak. Rasanya tidak ingin melewati sedikitpun perkembangan si buah hati.

Kalian bisa bayangkan tidak. Ketika anak mengucapkan kata pertamanya saat ibu sedang bekerja. Rasanya tuh cukup menyesakkan di dada. Sedih. Seperti pengalaman saat Wulan, anak saya ketika berusia enam bulan, mengucapkan kata ‘mama’ pertama kalinya saat saya bekerja.

Sebagai ibu tunggal, apalah daya saya. Tanpa bekerja di perusahaan, tak akan mampu memenuhi tanggung jawab terhadap anak. Apalagi seiring bertambahnya usia Wulan yang mulai beraktivitas di lembaga kursus pra sekolah. Tentu, membutuhkan biaya. Belum lagi harus merencanakan biaya pendidikan untuk bekal disetiap jenjang sekolahnya nanti. Syukur alhamdulillah, Allah selalu melancarkan rezeki memenuhi kebutuhan kami. Bahkan pernah merasa sangat bersyukur atas persoalan kebutuhan susu formula Wulan.

Cerita Lengkap Susu formula, Susu Sesuai Isi Dompet

Namun, ada kalanya saya merasa terhimpit saat ekonomi sulit. Hingga muncul ide untuk melakukan bisnis meskipun masih berstatus karyawan.

IDE BISNIS KARYAWAN

Sebagai seorang karyawan memang benar menerima gaji disetiap bulannya. Namun, kadang tidak menutup kemungkinan bahwa gaji tersebut belum cukup memenuhi kebutuhan hidup. Sehingga karyawan mulai berpikir untuk berbisnis. Berikut 6 (enam) ide bisnis karyawan dari seorang ibu pekerja, yaitu:

1. DROPSHIPPER

Dropship adalah model bisnis yang mempertemukan pembeli dan supplier melalui pihak ketiga (dropshipper). Dropshipper melakukan promosi produk dari supplier. Ketika ada transaksi pembelian, supplier akan mengirimkan barang ke pembeli atas nama dropshipper.

Serba-Serbi Bisnis Dropshipper

Model bisnis dropship ini cocok untuk karyawan. Jenis usaha sampingan bagi pemula. Karena tidak membutuhkan modal banyak dan tempat luas untuk menyimpan produk. Waktu yang dibutuhkan saat menjalankan bisnis pun cukup fleksibel. Pilih waktu senggang untuk memasarkan produk melalui media apa saja. Baik melalui media sosial, website, atau hanya memasang status dalam aplikasi chatting, misalnya WhatsApp.

2. JUALAN MAKANAN SISTEM PRE ORDER

Sampai kapanpun berbisnis makanan tidak akan ada matinya. Menjual makanan memang menjadi salah satu bisnis yang berpeluang sukses dan menghasilkan keuntungan besar. Hal ini karena makan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia.

Sebagai ibu pekerja, memasak pun menjadi pekerjaan yang kerap kali dilakukan saat berada di rumah. Jika, kalian memiliki keterampilan memasak atau membuat kue. Jualan makanan  dengan sistem pre order, dapat menjadi pilihan untuk menambah penghasilan.

ide bisnis karyawan

Bisnis jualan makanan sistem pre order ini banyak saya jumpai di kalangan teman sesama karyawan. Jadi mereka akan memasak sesuai pesanan di saat libur bekerja. Bagi karyawan yang terampil membuat kue. Biasanya akan membuka pre order kue saat high season seperti, Natal dan Lebaran. Atau membuat kue ulang tahun seperti yang biasanya saya order.

3. BISNIS CEMILAN UNIK

Generasi saat ini lebih tertarik dengan yang serba unik. Apalagi jika packaging suatu produk dikemas dengan cara berbeda. Atau merk dagang yang digunakan dengan kata-kata viral. Biasanya akan cepat laku dipasaran, terutama jika menyasar konsumen anak-anak muda.

ide bisnis karyawan

Contohnya seperti merk dagang cemilan keripik singkong ‘3Mantan’. Padahal makanannya biasa, hanya keripik singkong ditaburi dengan bumbu bubuk. Namun, karena nama yang digunakan sebagai merk dagang cukup unik. Keripik 3Mantan laku keras dipasaran pada masanya. Saya salah satu reseller yang awalnya hanya iseng menawarkan kepada teman. Usaha sampingan pulang kerja.

4. KASBON PULSA

Kalau jualan pulsa online saat ini saingannya banyak sekali. Setiap bank, marketplace, dan aplikasi online manapun sudah menyediakan penjualan pulsa. Bahkan yang berlangganan dengan counter pulsa, bisa membeli pulsa hanya dengan pesan singkat.

Namun, berbeda dengan kasbon pulsa. Ide bisnis ini dari pemikiran dan pengalaman saya sebagai karyawan. Biasanya setiap mendekati ‘tanggal tua’ saat pulsa atau kuota tidak ada. Kasbon pulsa menjadi jalan ninja karyawan.

Bisnis kasbon pulsa ini memang membutuhkan modal. Karena konsumen melakukan pembayaran pada saat menerima gaji. Namun, tidak dipungkiri kalau bisnis ini cukup menjanjikan. Konsumen pun tidak keberatan jika harga pulsa lebih tinggi dibanding penjualan di tempat lain yang pembayarannya tunai.

5. PINJAMAN UANG

Ide bisnis karyawan. Pinjaman uang, kurang lebih sama seperti kasbon pulsa. Hanya saja modalnya lebih besar. Pembayarannya pun dapat dinegosiasi. Apakah melakukan pembayaran penuh saat gajian atau secara angsur.

Seorang karyawan memang memiliki hak untuk melakukan kasbon ke perusahaan. Sesuai dengan syarat dan ketentuan dari perusahaan masing-masing. Namun, pada kenyataannya, melakukan kasbon diperusahaan tidak semudah apa yang dipikirkan orang di luar sana. Sehingga ketika karyawan sedang terdesak dan membutuhkan uang. Mau tak mau meminjam uang kepada karyawan yang membuka jasa pinjaman uang, menjadi pilihan.

6. MENULIS DAN KIRIM KE MEDIA MASSA

Bagi kalian yang hobi menulis. Misalnya membuat cerpen (cerita pendek). Tidak ada salahnya mencoba peruntungan mengirim tulisan ke media massa. Jika tulisan kalian berhasil tembus dan masuk ke dalam salah satu rubrik media, akan ada honor yang akan diterima. Besaran honor akan berbeda disetiap media.

Menulis dan kirim ke media massa. Usaha sampingan karyawan tanpa modal. Namun, kalian harus siap bersaing dengan banyaknya penulis lepas lainnya. Oleh karenanya, buatlah cerpen yang berkualitas agar dilirik tim redaktur.

Cerpen Tembus Media Massa, Koran Merapi

KATA PENULIS

Itulah enam ide bisnis bagi seorang yang masih berstatus karyawan. Beberapa ide tersebut pernah saya jalani. Atau menjadi konsumen dari pelaku bisnis yang dilakukan oleh teman sesama karyawan. Kalau kalian seorang karyawan dan ingin mendapat uang tambahan. Ide bisnis karyawan. Bisa kalian coba lakukan.

6 IDE BISNIS KARYAWAN 6 IDE BISNIS KARYAWAN Reviewed by Dwi Noviyanti on October 01, 2023 Rating: 5

No comments:

Followers

Powered by Blogger.