GAYA HIDUP BERKELANJUTAN

gaya hidup berkelanjutan

Pentingnya konsep keberlanjutan dalam konteks global kini sudah semakin mendesak. Karena sudah menyebabkan permasalahan atas meningkatnya perubahan iklim dan krisis lingkungan. Maka dari itu, kita, manusia yang hidup saat ini harus memulai gaya hidup berkelanjutan. Sebagai bentuk upaya mengurangi dampak negatif manusia terhadap lingkungan di masa yang akan datang.

Gaya hidup berkelanjutan itu apa dan bagaimana menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Artikel ini akan membahasnya.

DEFINISI BERKELANJUTAN (SUSTAINABLE)

Sebelum membahas tentang gaya hidup berkelanjutan. Mari kita bahas apa definisi berkelanjutan itu sendiri. Berdasarkan data yang tersedia, terdapat banyak definisi keberlanjutan (sustainable) yang telah diajukan oleh berbagai organisasi dan pakar dibidangnya.

Namun, dalam artikel ini saya ingin mengambil definisi keberlanjutan  menurut sebuah organisasi dunia IUCN—Internasional Untuk Konservasi Alam.

Keberlanjutan (sustainable) didefinisikan sebagai pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara bijak untuk memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri

Dari perspektif definisi menurut IUCN menekankan pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem dan mencegah kerusakan lingkungan. Agar generasi yang akan datang dapat memenuhi kebutuhan di masa depan.

Jurnal Lengkap Berisi Konsep dan Definisi Keberlanjutan (Sustainable) dari Berbagai Organisasi dan Pakar Dibidangnya

GAYA HIDUP BERKELANJUTAN

Gaya hidup berkelanjutan merupakan sebuah gaya hidup penuh kesadaran. Berpikir bahwa segala sesuatu yang digunakan saat ini berimbas kepada kehidupan di masa akan datang.

Gaya hidup bekelanjutan. Bentuk upaya paling dasar perilaku pada kehidupan berkelanjutan. Tidak hanya meliputi pola hidup secara personal, melainkan ada kaitannya dengan proses menjaga kelestarian alam.

Manfaat gaya hidup berkelanjutan. Salah satunya mengurangi dampak negatif manusia terhadap lingkungan. Menjaga lingkungan agar tetap lestari. Manfaat gaya hidup tersebut dapat terwujud apabila setiap dari kita, sadar untuk bersikap bijaksana dalam menggunakan sumber daya alam. Misalnya tidak berprilaku konsumtif dan membeli barang sesuai kebutuhan, bukan keinginan.

JENIS-JENIS GAYA HIDUP BERKELANJUTAN

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk memulai gaya hidup berkelanjutan. Tidak perlu memaksa orang lain untuk melakukan gaya hidup berkelanjutan. Kita cukup memulainya dari diri sendiri. Setelah terbiasa melakukan gaya hidup berkelanjutan. Biasanya orang akan memperhatikan atau bahkan mulai mengikuti apa yang mereka lihat.

Adapun jenis-jenis gaya hidup berkelanjutan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sebagai berikut:

MENGHABISKAN MAKANAN

Menghabiskan makanan merupakan salah satu jenis gaya hidup yang berkelanjutan yang perlu diterapkan. Karena merupakan cara pencegahan mengurangi limbah makanan.

Limbah makanan merupakan salah satu limbah yang berbahaya. Penimbunan limbah makanan dapat menimbulkan gas beracun. Bahkan dapat meledak karena proses kimia yang terendap dari zat yang terkandung dalam makanan jika tidak dikelola dengan baik. Hal ini melatarbelakangi adanya mitos ‘nasi nangis’ yang dikatakan oleh orang tua jika makanan tidak habis. Seperti yang sering mama saya lakukan kepada setiap anak dan cucunya.

Cerita Pendek Menghabiskan Nasi


MEMBAWA WADAH MINUM ATAU MAKANAN SENDIRI

Membawa wadah minum atau makanan sendiri saat membeli makanan atau minuman. Salah satu contoh menerapkan gaya hidup berkelanjutan yang sudah mulai banyak dilakukan. Hal ini memiliki dampak yang cukup besar terhadap pemakaian jumlah plastik. Imbasnya mengurangi limbah plastik sekali pakai.

Percaya tidak, ketika saya coba menerapkan membawa wadah sendiri. Saya terkejut, karena ternyata makanan atau minuman yang saya dapatkan cenderung lebih banyak dibanding dengan wadah sekali pakai yang disediakan pedagang.

MENGGUNAKAN LISTRIK SEPERLUNYA

Menerapkan gaya hidup berkelanjutan lainnya yaitu menggunakan listrik seperlunya. Matikan power supply jika tidak digunakan. Contoh kecilnya yaitu mencabut colokan charger handphone dari power supply jika battery sudah penuh (jangan membiarkan tercolok). Begitu pun dengan benda-benda elektrik lainnya.

MENGGUNAKAN TRANSPORTASI PUBLIK

Setiap kendaraan yang menggunakan bahan bakar akan menghasilkan polusi. Menggunakan trasportasi publik dapat mengurangi polusi atau emisi karbon yang menyebabkan perubahan iklim.

MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA

Membuang sampah pada tempatnya merupakan hal penting untuk menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini demi menjaga keseimbangan ekosistem. Karena sampah-sampah yang terbuang sembarangan akan berakhir ke laut. Dimana biota laut akan merasakan dampak buruk dari sampah-sampah yang tidak bisa terurai selama ratusan tahun.

gaya hidup berkelanjutan

Ini sebabnya, saya mulai membiasakan anak saya, Wulan untuk membuang sampah sedari kecil. Mengedukasinya sesuai daya nalar dan menyenangkan seperti menggunakan media film kartun. Sehingga siring pertumbuhannya, terbiasa membuang sampah pada tempatnya.

Mengedukasi Anak Balita Membuang Sampah


HEMAT AIR

Menurut National Geophysical Data Center NOAA, sekitar 321.003.271 kubik air ini adanya di laut. Dengan kata lain, 97% air yang ada di bumi ini adalah air asin. Kandungan garam yang terlalu tinggi tidak dapat diproses dalam tubuh. Bahkan jika tertelan secara berlebihan dapat menyebabkan kematian.

‘Lalu sumber air minum kita berasal dari mana?’
gaya hidup berkelanjutan

Manusia mengkonsumsi air yang tidak mengandung banyak garam, alias air tawar. Biasanya, air tawar ditemukan di danau, sungai, dan aliran air lainnya. Kalau seperti data di atas. Berarti hanya ada 3% air tawar di bumi. Jumlah yang sangat sedikit.

Bahkan jumlah yang sedikitp ini belum termasuk 2% yang mengendap sebagai gletser dan membeku di bawah laut. Jadi, sebenarnya hanya ada 1% air yang bisa digunakan untuk kebutuhan hidup.

Masih tidak mau menghemat air?

MENGGUNAKAN BARANG RAMAH LINGKUNGAN

Ada banyak barang kebutuhan sehari-hari yang dapat berdampak buruk bagi lingkungan. Contohnya penggunaan kantong belanja plastik sekali pakai. Cobalah untuk menguranginya dengan membawa tas yang terbuat dari bahan dan dapat digunakan berulang kali.

KATA PENULIS

Rasanya tidak ada salahnya untuk menerapkan jenis-jenis gaya hidup berkelanjutan yang sudah disampaikan. Toh, tidak berimbas buruk kepada diri kita. Mungkin, awalnya memang terlihat merepotkan. Namun, jika sudah mulai melakukannya, lama-lama akan terbiasa.

Dengan menerapkan gaya hidup berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari. Kita dapat berkontribusi menjaga lingkungan dan kelestarian bumi untuk generasi yang akan datang. Yuk, mulai dari sekarang. Gaya hidup berkelanjutan. 

GAYA HIDUP BERKELANJUTAN GAYA HIDUP BERKELANJUTAN Reviewed by Dwi Noviyanti on October 02, 2023 Rating: 5

No comments:

Followers

Powered by Blogger.