TULISAN TERPILIH DI PLATFORM BACA ONLINE (CABACA)

 

Platform Baca Online (Cabaca)

BERHENTI MENULIS

Ada dimana saat saya kehilangan motivasi menulis. Niatnya hanya berhenti sejenak karena jenuh. Ingin menikmati waktu bersama anak dan hobi lainnya (ngedrakor, baca komik, dan nonton anime). Eh, ujung-ujungnya kebablasan. Jadi malas untuk nulis. Kerjaannya kalau ngga ngelakuin hobi itu, ya, scrolling media sosial.

Untungnya dalam circle perteman saya di media sosial—Instagram, khususnya akun saya yang baru. Berisi teman-teman penulis. Hingga dari pertemanan itu, isi beranda Instagram saya pun bermunculan tentang hal-hal kepenulisan. Even lomba, kelas komunitas menulis, tip seputar kepenulisan, platform baca, dan lain sebagainya. Saya berpikir, sudah cukup lama berhenti dan mulai merasa bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja. Ingin kembali nulis, tetapi bingung mulainya darimana.

Akun Instgram Dwinovswa

TANTANGAN MENULIS 7 HARI 7 KISAH

Ketika ingin mulai menulis kembali. Saya mencari even atau kegiatan menulis lainnya. Saya dipertemukan dengan iklan di Instagram tentang kegiatan menulis. Tantangan menulis selama tujuh hari yang diadakan oleh salah satu platform membaca online—Cabaca.

Tantangan Menulis 7 Hari 7 Kisah 2022. Tema yang diusung oleh penyelengara. Jadi, semua peserta harus menulis selama tujuh hari dengan kisah yang berbeda. Tulisan di posting melalui Instagram. Setiap harinya memiliki tema yang berbeda-beda. Setiap harinya akan ada 1 tulisan yang berkesempatan majang di Platform Cabaca. Selain itu penulis yang tulisannya dipajang akan mendapatkan reward paket kerang dan saldo E-Walet. Paket kerang itu seperti coin yang dapat digunakan untuk membaca buku-buku premium di Cabaca.

Platform Baca Online (Cabaca)

TEMA TULISAN SELAMA 7 HARI

Sudah menjadi syarat dan ketentuan tantangan menulis. Setiap hari memiliki tema yang berbeda. Tim penyelenggara akan memposting tema pada malam hari di Platform Cabaca. Peserta harus rajin-rajin buka Cabaca untuk tahu tema tulisan esok hari.

Ini dia, tema dari hari ke hari selama seminggu dalam tantangan. Saya buatkan daftar tema beserta tulisan yang saya tulis.

Tema hari pertama: Baik - Judul tulisan Rumah Kontrakan

Tema hari kedua: Bahu - Judul tulisan Hanya Butuh Kata Maaf

Tema hari ketiga: Niat - Judul tulisan Sedekah dan Niat

Tema hari keempat: Sumpah - Judul tulisan 'Obral Sumpah'

Tema hari kelima: Bahasa - Judul tulisn Bahasa Kasih 

Tema hari keenam: Bintang - Judul Tulisan Makhluk, Bintang, dan Langit Malam

Tema hari ketujuh: Hidup - Judul Tulisan Hadiah Abadi dalam Hidup 

TEMA HARI KE-4

Ada yang merasa aneh tidak dengan daftar tema di atas. Tulisan berwarna itu saya sematkan link yang dapat diarahkan langsung ke tulisan saya di Instagram. Kenapa tema hari ke-4 tidak saya sematkan, karena, tulisan di hari itu menjadi tulisan terpilih yang majang di Platform Cabaca. Yeay ....

CABACA: 7 Hari 7 Kisah

Tantangan menulis di hari ke-2 dan ke-3 saat itu saya sedang sibuk persiapan liburan bersama anak ke Jogja. Liburan indie dengan anak dan seorang teman yang sudah direncanakan sejak jauh hari. Hingga tulisan selalu setor di jam-jam terakhir. Sesaat setelah memposting tulisan hari ke-3 di malam hari. Tema untuk hari ke-4 sudah keluar.

Tema hari ke-4 yaitu sumpah. Mungkin karena memang bertepatan hari sumpah pemuda di bulan Oktober. Namun, jujur saya tidak kepikiran nulis tentang momen bersejarah tersebut. Pikiran dan tenaga saya sibuk karena harus bangun subuh untuk kejar kereta jam enam pagi. Akhirnya nulis di atas kereta dengan ide tulisan seperti itu. Kalau ada yang nanya, tulisan itu masuk kategori tulisan apa, saya pun gak tahu. Agar bisa setor tulisan tepat waktu. Akhirnya minta tolong teman untuk temani anak saya bermain, biar saya bisa fokus nulis. Tulisan Obral Sumpah pun tercipta di atas kereta Bengawan.

OBRAL SUMPAH

PLATFORM BACA ONLINE (CABACA)

Saya tuliskan disini cerita lengkap yang menjadi tulisan terpilih di hari ke-4. Selamat menikmati, tapi jangan terbawa emosi, ya, hehehe.

Obral Sumpah

Lelaki itu selalu obral sumpah kepada pasangannya.

Sumpah pertama, “Sumpah, kamu wanita paling cantik.”

Sumpah kedua, “Sumpah, aku hanya sayang dan cinta sama kamu.”

Sumpah ketiga, “Sumpah, kalau kamu mau menikah denganku. Aku akan jadi lelaki paling beruntung di dunia.”

Sumpah keempat, “Sumpah, sampai kapanpun aku tidak akan mengkhianati kamu.”

Sumpah kelima, “Sumpah, kamu istri yang terbaik.”

Sumpah keenam, “Sumpah, aku akan menceraikan istri pertamaku.”

Sumpah ketujuh, “Sumpah, demi apapun aku sayang banget sama kamu. Aku butuh waktu untuk berpisah dengannya.”

Sumpah kedelapan, “Sumpah aku hanya ingin tanya-tanya cara buat kartu kredit. Temanmu saja yang kegeeran. Siapa yang menggoda dia.”

Sumpah kesembilan, “Sumpah, aku gak ada apa-apa sama dia. Teman modelmu saja yang memang kegatelan. Pake bilang aku datang ke apartemennya. Dasar wanita pembohong!”

Sumpah kesepuluh, “Sumpah, aku gak berniat nyakitin kamu. Perempuan itu yang tiba-tiba mau ke Jakarta dan ngajak nikah.”

Sumpah kesebelas, “Sumpah, ini terakhir kalinya aku pinjam nama kamu. Kasihan anakku di sana. Butuh biaya untuk karyawisata di sekolahnya.”

Sumpah kedua belas, “Sumpah kamu istri yang baik. Aku janji akan bayar semua hutang-hutangku.”

Sumpah ketiga belas, “Sumpah, aku gak mabuk!”

Sumpah keempat belas, “Sumpah, ini terakhir kalinya aku pakai nama kamu. Biar kita bisa jalan-jalan pakai mobil sendiri. Kamu mau, kan.”

Sumpah kelima belas, “Sumpah, aku lakuin ini demi kebaikan kamu. Dengan aku nikah lagi, kamu pasti akan punya anak.”

Sumpah keenam belas, “Sumpah, aku gak berniat menjadikan mobil itu mahar.”

Sumpah ketujuh belas, “Sumpah, kamu keterlaluan. Aku, kan sudah bilang jangan posting foto-foto kita di IG. Dia jadi marah sama aku, argh!”

Sumpah kedelapan belas, “Sumpah, ini terakhir kali. Pinjami aku sepuluh juta.”

Sumpah kesembilan belas, “Sumpah, sampai kapanpun aku gak terima diperlakukan begini sama kamu dan keluargamu!”

Sumpah kedua puluh, “Sumpah, demi Tuhan. Aku ingin kembali bersamamu.”
TULISAN TERPILIH DI PLATFORM BACA ONLINE (CABACA) TULISAN TERPILIH DI PLATFORM BACA ONLINE (CABACA) Reviewed by Dwi Noviyanti on August 20, 2023 Rating: 5

No comments:

Followers

Powered by Blogger.