3 AREA BERMAIN DI TAMAN SUNGAI KENDAL, DIJAMIN ANAK-ANAK BETAH

taman sungai kendal jakarta

Menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan menjadi satu momen istimewa. Khususnya yang memiliki  anak kecil. Pasti tujuan utamanya sebuah taman yang memiliki area bermain. Seperti saya, misalnya. Memiliki anak berusia lima tahun yang sedang doyan main. Nah, kemarin saya menemukan taman yang memiliki tempat area main anak-anak. Taman Sungai Kendal Jakarta. Nama dari taman tersebut.  

Sebagai warga lokal, saya sangat senang dengan keberadaan taman tersebut. Kini, ke taman yang memiliki pemandangan danau tidak perlu pergi jauh ke luar kota. Cukup menuju Taman Sungai Kendal. Terdapat tiga area bermain di Taman Sungai Kendal, dijamin anak-anak betah. Sebelum lanjut, yuk kita kenalan dulu dengan taman yang saya maksud.

TAMAN SUNGAI KENDAL

taman sungai kendal jakarta
Mural Taman Sungai Kendal di Pintu Masuk

Jika membaca nama Taman Sungai Kendal dan kalian berpikir taman ini berada di wilayah Kendal, Jawa Tengah. Kalian salah besar. Persis seperti tanggapan seorang teman yang saya ajak ke taman tersebut. Dia bilang, “Mau ke taman aja, kok jauh amat.”

Taman Sungai Kendal Jakarta. Sebuah taman yang dibangun pemerintah DKI Jakarta  dan pengelolaannya ditangani langsung oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta. Taman ini merupakan Taman Maju Bersama—TMB. Sebuah konsep ruang terbuka hijau berbentuk taman yang terbuka dan dilengkapi fasilitas bagi seluruh lapisan masyarakat di Jakarta.

TMB merupakan taman kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat setempat. Meskipun dikelola langsung oleh pemerintah, tetapi mulai dari perencanaan, pengembangan, dan penggunaannya melibatkan masyarakat sekitar taman dibangun.

taman sungai kendal jakarta
Peta Area Taman Sungai kendal

Kerjasama antara pemerintah dan warga setempat dalam pengembangan Taman Sungai Kendal. Terlihat dari adanya pembangunan area kantin yang berdiri di luar area taman. Dalam taman kalian tidak akan menemukan pedagang satu pun. Sehingga kantin menjadi pusat jajanan utama para pengunjung. Pedagang di area kantin merupakan warga lokal.

Terdapat dua pintu untuk masuk ke dalam area taman. Pintu utama dekat area parkir dan pintu samping. Pintu samping merupakan jalan masuk menuju GOR Dr. H. Saefullah yang berada dalam satu area taman. GOR yang dahulu dikenal dengan nama Gelanggang Olahraga Rorotan.

Taman Sungai Kendal berlokasi di tepi Jalan Sungai Kendal RT. 05 RW. 08, Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Jalan yang menjadi jalur alternatif menuju Kota Bekasi.

HARGA MASUK SUNGAI KENDAL

Harga tiket masuk Taman Sungai Kendal yaitu Rp0,- alias gratis. Seluruh pengunjung taman tidak dikenakan biaya masuk. Kalian hanya perlu menyiapkan biaya untuk parkir kendaraan. Adapun untuk parkir kendaraan:

  • Parkir Motor Rp2.000,-
  • Parkir Mobil Rp5.000,-

Oh, iya, ada satu lagi yang membutuhkan biaya. Yaitu naik delman, tapi harganya sangat murah dibanding tempat rekreasi lainnya.

  • Naik Delman Rp5.000,-/orang

Naik delman sebenarnya optional, sesuai keinginan pengunjung saja. Jalur delman yaitu dari pintu masuk samping menuju pintu masuk GOR Dr. H. Sefullah. Dimana letaknya tepat berada di depan area bermain utama.

taman sungai kendal jakarta
Delman dalam Area Taman Sungai Kendal

JAM OPERASIONAL TAMAN

Taman Sungai Kendal Jakarta. Beroperasi setiap hari selama 12 jam. Mulai dari pukul 06.00 s/d 18.00 WIB. Taman ramai dikunjungi pada pagi hari sampai pukul sepuluh pagi. Sedangkan di sore hari, pengunjung mulai ramai dari pukul tiga sore. Waktu ketika sinar matahari tidak terlalu menyengat kepala.

DANAU KENDAL BEKASI

Letak lokasi Taman Sungai Kendal berada di Kelurahan Rorotan. Dimana kelurahan tersebut berbatasan dengan Bekasi Timur di bagian selatannya. Sehingga sebagian warga menyebutnya Danau Kendal Bekasi.

Jalan Sungai Kendal memang menjadi salah satu jalur alternatif menuju Kota Bekasi. Jalan kecil yang seperti pedesaan. Ketika kalian memasuki jalan dan menemui sawah, rumah-rumah yang memiliki halaman luas serta pepohonan yang rimbun, atau terlihat kandang hewan ternak. Kalian tidak salah jalan. Memang seperti itu pemandangan menuju Taman Sungai Kendal.

taman sungai kendal jakarta
Pemandangan Danau Buatan

Danau di Taman Sungai Kendal menjadi spot favorit bagi pengunjung. Banyak pengunjung yang membawa tikar untuk bersantai dan menikmati bekal bersama anggota keluarga. Begitu pun Mama saya yang sangat menikmati pemandangan sembari mendengarkan lagu Rhoma Irama dari handphone miliknya. Ditemani seekor kucing liar berbadan dua yang sudah lebih dulu menguasai tikar kami.

Prosa Tentang Mama

taman sungai kendal jakarta
Spot Favorit Taman Sungai Kendal

FASILITAS TAMAN SUNGAI KENDAL

Danau menjadi salah satu fasilitas unik yang dimiliki oleh Taman Sungai Kendal. Dibuatnya danau buatan sesuai dengan dasar pemikiran dari Taman Maju Bersama, taman dibangun sesuai dengan kebutuhan warga sekitar. Selain danau buatan, fasilitas lainnya sangat memadai. Kebersihannya pun terjaga. Mari kita bahas satu persatu fasilitas yang ada di dalam taman.

Taman Maju Bersama

AREA PARKIR

Area parkir ini terbilang cukup luas. Berada di pintu utama. Setelah kendaraan terparkir, pengunjung harus jalan melalui jembatan panjang untuk sampai ke lokasi favorit, depan danau di area main utama. Beberapa titik jembatan terdapat bangku untuk istirahat.

Jika kalian membawa lansia atau anggota keluarga disabilitas disarankan masuk melalui pintu samping. Memarkir kendaraannya di area GOR. Memang tidak secara khusus ada jalur disabilitas. Namun, jalur yang landai dan tidak berundak membuat kursi roda dapat berjalan dengan baik. Setidaknya dapat menikmati spot favorit depan danau.

KANTIN

Kantin terletak di sebelah pintu samping. Bagi kalian yang memarkir di area pintu utama, cukup berjalan sedikit ke arah kiri. Sepintas memang tidak terlihat adanya kantin karena terhalang tembok tinggi. Namun, disitulah area kantin taman. Tepat berada di pintu masuk samping.

Kantin menyajikan beraneka ragam makanan ringan seperti: Cilor, Batagor, Somay, Sosis Bakar, Seblak, Cireng Isi, Aneka Es, Kue Pancong, dan lain sebagainya. Saat saya berkunjung ke taman belum ada makanan berat seperti nasi atau mie ayam. Mungkin karena area kantin masih dalam tahap pembangunan.

Satu rumah dari kantin terdapat warung klontong yang cukup lengkap. Jika kalian butuh air mineral, tisu, rokok, kopi instan atau pop mie. Kalian bisa membeli di warung tersebut, syaratnya bawa air panas sendiri, ya, hehehe.

TRACK JOGGING

Sebuah taman tanpa track jogging rasanya belum lengkap. Taman Sungai Kendal Jakarta. Memiliki track jogging yang beda dari kebanyakan taman. Jika taman lain hanya membuat lintasan track jogging di atas tanah dengan jalan setapak. Di taman Sungai Kendal track jogging-nya berupa jembatan-jembatan yang berada di atas danau buatan.

taman sungai kendal
Track Jogging

TOILET

taman sungai kendal
Toilet, Musala, dan Gudang

Toilet berada di ruangan warna-warni itu. Fasilitas toilet cukup memadai. Wastafel berfungsi baik dan disediakan sabun cuci tangan. Jumlah bilik kamar kecilnya lebih dari dua unit. Selain toilet, ruangan itu dijadikan gudang dan mushola. Lokasinya dekat dengan pintu GOR atau tempat area bermain utama.

MUSALA

Musala menjadi fasilitas penting bagi pengunjung. Bermain di taman setengah hari pastinya ada salah satu waktu salat yang harus dijalankan. Itu sebabnya tiap kali mengunjungi suatu area, tempat ibadah menjadi prioritas pencarian utama saya.

taman sungai kendal jakarta
Musala Taman Sungai Kendal

Meskipun tidak terlalu besar. Musala dalam taman cukup nyaman untuk digunakan. Tersedia juga peralatan salat seperti: mukena, sajadah, dan sarung. Tidak perlu penyejuk udara atau kipas angin. Udara bebas yang menembus dari sela-sela batako disamping dan tanaman yang tumbuh depan kiblat memberi udara sejuk yang alami. 

AREA BERMAIN ANAK

Daftar pencarian utama saya ketika ingin mengunjungi taman adalan area bermain anak. Nah, ternyata area bermain di Taman Sungai Kendal ada tiga titik yang menjadi favoritnya anak-anak. 

1. AREA MAIN UTAMA

taman sungai kendal jakarta
Area Main Utama

Area ini jadi surganya anak-anak. Permainan seperti seluncuran, dinding memanjat, terowongan, dan jembatan kecil berada di satu titik.

Ada pula dua tiang ayunan yang memilki ketinggian yang berbeda. Membuat anak-anak dengan mudah memainkannya sesuai tinggi mereka. Tak hanya itu. Kuda-kudaan yang dapat bergoyang maju-mundur pun ada beberapa unit.

Area bermain utama ini cukup luas. Membuat anak-anak bebas berlari kesana-kemari. Area main beralaskan lantai karet. Sehingga aman untuk aktivitas anak-anak. Selain itu dapat melatih sensorik kasar bagi anak balita yang tengah belajar jalan.

2. AREA MAIN EDUKASI

taman sungai kendal
Area Main Edukasi

Jika area main utama menjadi tempat aktivitas penuh dengan fasilitas alat penunjang. Dalam area main edukasi hanya berisi gambar-gambar 3D (tiga dimensi) seperti ular tangga, contohnya.

Selain itu ada gambar permainan tradisional, demprak. Lalu ada ragam gambar bentuk yang memiliki instruksi. Misal, ‘dari sini lompat dua kaki’ atau ‘mulai dari sini berjalan santai’. Anak saya sangat antusias mengikuti seluruh instruksi yang saya bacakan hingga sampai di kotak ‘finish’.

Area main edukasi ini menjadi tempat favorit kedua anak saya saat berkunjung ke Taman Sungai Kendal. Bahkan ketika perjalanan pulang, dia berujar, “Ma, nanti kalau kita kesini lagi, bawa dadu, ya.”

3. AREA MAIN BEBAS

taman sungai kendal
Area Main Bebas

Sebenarnya saya kurang yakin menyebutnya sebagai area main anak-anak. Namun, saat berada di area ini. Tempatnya dipenuhi anak-anak yang bermain seluncuran dengan dinding yang sengaja dibuat miring seperti itu. Ada empat titik dengan kemiringan beragam.

Ketika saya memeriksa dan coba memanjatnya, memang sangat licin. Anak-anak sangat riang ketika meluncur dengan gaya sebebas-bebasnya. Tanpa kecuali anak saya yang antusias dan kegirangan. Dia meluncur dari atas bersama dengan teman-teman baru yang dikenalnya di taman. Namun, area main ini tidak disarankan untuk anak di bawah usia 5 tahun.

Teman Baru

AKSES MENUJU TAMAN SUNGAI KENDAL

Bagi kalian yang menggunakan kendaraan pribadi. Gunakan saja google map dengan kata kunci ‘Taman Sungai Kendal’. Akses menuju taman sebenarnya masih satu jalur dengan destinasi Wisata Rumah Pitung. Hanya saja saat ada persimpangan Pasar Bebek, belok kanan (pom bensin). Atau kalau mau lebih mudah dan praktis, tinggal pesan transportasi online. Jakarta, kan, surganya trasportasi online. Jenisnya banyak dengan tawaran tarif yang beragam.

Iseng Cek Tarif Transportasi Online, Berujung Wisata ke Pantai Losari

Jika dirasa naik transportasi online tarifnya menguras isi kantong. Tenang …. Saya kasih alternatif murah meriah untuk sampai ke Taman Sungai Kendal. Akses menuju taman dapat menggunakan angkutan umum, angkot.

Angkot yang dimaksud yaitu Jaklingko—JAK5, rute Semper-Rorotan. Angkot tersebut menjadi satu-satunya angkutan umum yang melintasi taman. Menjadi rute akhir yaitu Rorotan BKT. Kalau ingin menggunakan alternatif ini, persiapkan kartu Jaklingko atau kartu bank yang bekerja sama (Jakcard, E-Money, Brizzi, Tap Cash, atau Flazz).

Menggunakan Jaklingko harus tahu pemberhentiannya karena tidak dapat sembarangan berhenti. Untuk memudahkan kalian jika ingin ke taman menggunakan alternatif ini. Silahkan cek titik pemberhentian yang sudah saya list (arah Semper ke Rorotan),

  • Mushola Al-Mukhlisin 1
  • Gereja Tugu 1
  • SMAN 52
  • Masjid Jami Unwanussaadah 1
  • Sekolah Darul Ma’arif
  • Gedung Pramuka
  • Seberang Cilincing Bakti
  • Asrama Brimob Cilincing
  • Pusdiklantas 1
  • KBN MArunda 1
  • Pasar Bebek Marunda 1
  • Asrama Marinir Marunda 1
  • Masjid Nurul Jannah 1
  • MAN 20 Jakarta
  • Masjid Jami Baiturrahmah
  • Marunda Baru
  • Gang Barokah
  • Kaliabang Rorotan
  • Ponpes Baitul Quran Alikhwan 1
  • MI Arruhaniyah 1
  • Masjid Jami Al-Khairiyah 1
  • Rorotan BKT

Sekian ulasan tentang wisata murah meriah yang melimpah area bermain disekitar Cilincing, Jakarta Utara. Meskipun area main anak sudah dibangun dengan keamanan yang maksimal. Sebagai orang tua tetap wajib mendampingi anak-anak bermain. Selamat berwisata dan menikmati bonding bersama anak, yuk kesini. Taman Sungai Kendal Jakarta.


3 AREA BERMAIN DI TAMAN SUNGAI KENDAL, DIJAMIN ANAK-ANAK BETAH 3 AREA BERMAIN DI TAMAN SUNGAI KENDAL, DIJAMIN ANAK-ANAK BETAH Reviewed by Dwi Noviyanti on August 14, 2023 Rating: 5

No comments:

Followers

Powered by Blogger.