STB ANDROID MXQ PRO

STB Android MXQ Pro
STB ANDROID MXQ PRO MEMBUAT TV BIASA MENJADI SMART TV

Artikel kali ini saya ingin mengulas sebuah produk teknologi. Perangkat ini mampu merubah sinyal analog menjadi siaran digital. Seperti yang kalian tahu bahwa tanggal 2 Agustus 2022, siaran TV analog resmi dimatikan di seluruh Indonesia. Hal ini membuat masyarakat berbondong-bondong membeli Smart TV. Perangkat yang dapat menyiarkan siaran digital.

Namun, jangan tergesa-gesa membeli TV baru karena ada perangkat yang dapat menjadikan TV biasa menjadi Smart TV. STB Android MXQ Pro. Namanya. Eits, sebelum membahas lebih lanjut. Yuk kita simak kenapa sih siaran analog harus diganti menjadi siaran digital.

TRANSMIGRASI SIARAN ANALOG KE DIGITAL

Siaran TV analog sudah mengudara selama 60 tahun di Indonesia. Namun, selama itu, ternyata tidak membuat seluruh daerah di Indonesia menangkap sinyal analog dengan baik. Bahkan di wilayah perkotaan masih ada yang merasakannya. Hingga terbiasa dengan tayangan televisi berbintik, seperti ada semut-nya. Selain itu kualitas suara pun terkadang tidak jelas.

Hal ini dikarenakan siaran TV analog ditransmisikan melalui gelombang radio. Sehingga kualitas sinyalnya dipengaruhi oleh kondisi cuaca dan letak geografis suatu wilayah. Pernah tidak, kalian dengar titah orang tua disaat hujan badai kala nonton televisi. “Matikan TV-nya lagi hujan.”

Media Transmisi Tak Berkabel

Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja telah mengamanatkan penghentian penyiaran terestrial dengan teknologi analog. Analog Switch Off (ASO). Kementrian Komunikasi dan Informatika—Kemenkominfo, mengatakan bahwa TV analog banyak memakan spektrum frekuensi 700 MHz sebanyak 328 MHz. Apabila TV analog beralih ke digital, maka hanya dibutuhkan 176 MHz bagi stasiun televisi. Sehingga Indonesia dapat mengalokasikan 112 MHz untuk keperluan lain dan memiliki cadangan 40 MHz yang bisa dikembangkan teknologi di masa depan. Misalnya digunakan untuk penerapan 5G.

PERANGKAT SIARAN DIGITAL

Agar dapat menikmati siaran digital maka diperlukan perangkat penerima siaran berstandar Digital Video Broadcasting Terestrial Second Generation. DVB-T2 umumnya tertanam langsung di perangkat TV digital. Dengan keberadaan fitur ini, siaran TV digital dapat dinikmati secara langsung. Lalu bagaimana dengan TV yang tidak memiliki fitur DVB-T2? Apalagi yang masih bentuknya tabung.

TV yang tidak memiliki fitur tersebut otomatis tidak dapat menangkap siaran digital. Namun, jangan khawatir. Kehadiran perangkat Set Top Box—STB, menjadi solusinya. Perangkat STB ini sudah tertanam fitur DVB-T2. Sehingga masyarakat tidak perlu membeli TV digital baru. 

Cara Menangkap Siaran Digital

Kekurangan STB

Setelah siaran TV analog resmi dimatikan. Penggunaan STB pun menjadi solusi bagi banyak masyarakat. Terutama masyarakat yang menerima bantuan subsidi perangkat STB dari pemerintah. Secara teknis STB merupakan alat yang mengkonversi jenis sinyal digital menjadi bentuk gambar dan suara.

Namun, penggunaannya harus disertai dengan antena UHF. Pasalnya STB hanya berfungsi sebagai pengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara. Sementara sinyal digital itu sendiri bisa ditangkap dengan menggunakan antena UHF.

Smart TV dan STB Android

Smart TV atau dikenal dengan TV pintar dapat menangkap siaran digital secara langsung dan terhubung dengan internet. Sehingga pengguna dapat memanfaatkan fitur menarik dan interaktif. Misalnya, memutar playlist lagu dari akun Spotify. Atau menonton film di Netflix dengan akun dan menontonnya di layar televisi.

Saya sempat berpikir untuk membeli Smart TV seperti tetangga. Namun, TV LED di kamar masih berfungsi dengan baik. Meskipun hanya dapat menonton jutaan semut, hehehe. Ketika berselancar di marketplace. Tanpa sengaja melihat produk STB Android.

STB Android ternyata berbeda dengan yang biasa. STB Android mengubah televisi biasa menjadi TV Pintar. Memungkinan penggunanya bisa menonton layanan streaming berbayar atau konten Youtube. Persis seperti Smart TV.

Sesuai namanya, STB Android. Perangkat ini memiliki sistem operasi Android yang mirip dengan HP. Pengguna bisa mengakses Google Playstore dan menginstal aplikasi layaknya sebuah HP. Tentunya harus tersambung melalui jaringan internet.

MXQ PRO 4K 5G

STB Android MXQ Pro

Ternyata spesifikasi yang sudah ditanamkan dalam kotak mungil yang hanya berdimensi 11 x 11 cm ini sangat lengkap.

Spesifikasi :
Chipset : Rockchip
GPU : Penta-Core Mali-450 600MHz+
RAM/ROM : 1GB/8GB
OS : Android 7.1 ( Versi lebih tinggi, lebih stabil, tidak Lemot )
Resolution : HD 4K
USB host : 4 High speed USB 2.0, support USB Flash DISK and USB HDD
Card reader: TF/SDHC/MMC cards
Support Internet : Wifi dan Lan
Support : mouse and keyboard via USB mouse and keyboard via 2.4GHz USB dongle

Klasifikasi Jaringan Komputer

PERFORMA STB ANDROID MXQ PRO

Sebenarnya Set Top Box biasa yang banyak digunakan bisa melakukan fitur yang interaktif. Hanya saja perlu menambahkan perangkat Dongle Wifi Receiver agar dapat menghubungkan ke jaringan internet. Namun, hasil tangkapan layarnya masih kurang jernih. Fitur seperti Youtube masih dalam versi lama dan kontennya terbatas. Tidak ada auto play. Sehingga kita harus menggunakan remote control saat tayangan berakhir untuk menggantinya.

Sedangkan STB Android MXQ Pro memiliki performa yang cukup lengkap. Bukan hanya sekedar auto play dan versi Youtube terbaru. Namun, memiliki kemampuan yang sama canggih. Hal ini didukung dengan sistem yang sudah disematkan dalam perangkat. Mari kita bahas kemampuan perangkat ini. STB Android MXQ Pro.

OS Android 7.1

Sesuai dengan deskripsi yang sudah saya sampaikan. STB Android ini berjalan menggunakan Operational System—OS Android 7.1 atau dikenal dengan nama Android Nauget. OS ini merupakan fitur Quick Switch yang membuat pengguna dapat melakukan perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan cepat. 

Operating System (OS)

Resolusi 4K

Resolusi adalah istilah yang memberi tahu seberapa padat titik-titik kecil yang disebut piksel. Piksel individual berkumpul untuk membentuk gambar yang terlihat di layar. Sehingga semakin tinggi jumlah piksel, semakin tinggi resolusinya.

‘K’ dalam 4K adalah singkatan dari Kilo (1000) yang berarti resolusi horizontal mencapai 4.000 piksel. Sudah terbayang, kan, seberapa jernih dan jelas tampilan dalam layar dengan resolusi sebesar itu. Nah, resolusi ini tersemat dalam perangkat STB Android MXQ Pro.

Perangkat Penyimpanan Data

STB Android ini sudah ditanamkan perangkat penyimpanan data yang biasa dikenal dengan sebutan RAM—Random Access Memory dan ROM—Read Only Memory. Memiliki ukuran RAM/ROM 1GB/8GB.

RAM dan ROM merupakan bentuk perangkat keras yang memiliki fungsi menyimpan data. Perbedaannya RAM untuk penyimpanan sementara. Sedangkan ROM bersifat permanen. Pada umumnya data-data program di dalam ROM sudah setelan pabrik.

Prosesor

Prosesor adalah sirkuit inti yan gmenjalankan seluruh operasi perangkat atau bisa dibilang otak dari perangkat. STB Android MXQ Pro sudah memiliki prosesor GPU : Penta-Core Mali-450 600MHz+ berbentuk Chipset, Rockchip. Prosesor GPU tersebut sudah memiliki performa yang cukup kuat untuk menjalankan kinerja OS.

CARA SETTING MXQ PRO 4K

STB Android MXQ Pro
Isi paket setiap pembelian STB Android MXQ Pro

Televisi yang ingin saya sambung di kamar yaitu TV LED dan sudah memiliki port HDMI. Mempermudah saya melakukan pemasangan sendiri. Bagi kalian yang ingin pasang di TV tabung atau televisi yang tidak ada port HDMI. Bisa menggunakan kabel AV (kabel audio video). Namun, kabel AV di jual terpisah.

STB Android MXQ Pro
Port yang ada di STB Android MXQ Pro

Setelah memasang kabel dari perangkat ke televisi. Kemudian nyalakan dengan mencolok power ke catu daya. Pada layar akan muncul daftar wifi yang berada disekitar. Pilih wifi dan masukkan password. STB Android pun siap digunakan.

PENGALAMAN MENGGUNAKAN STB ANDROID

Sebenarnya menyesal menggunakan STB Android. Nyesal kenapa tidak dari dulu, hehehe. Harga STB Android MXQ Pro dibandrol dengan kisaran harga dua ratus ribu saja. Harga segitu dengan seribu fitur canggih, rasanya luar biasa banget bagi saya.

Hanya saran, sebaiknya menggunakan akun google untuk akses Android di TV. Tujuannya agar mudah mengekplore aplikasi. Selain itu memudahkan proses unduh dan instal aplikasi di Google Playstore.

Namun, jangan gunakan akun google yang dijalankan di HP. Misal saya pakai akun dwinovswa di HP dan saya masukkan juga di TV. Saat keduanya jalan bersamaan, maka akan terjadi pengendalian jarak jauh. Saya kasih kasus the real pengalaman, ya.

Jadi gini. Anak saya, Wulan sedang nonton Youtube melalui Android TV di kamar. Nonton chanel gaming. Ternyata ibu saya pun menonton Youtube di HP. Keduanya menggunakan akun google yang sama. Tanpa ada apa-apa, TV di kamar tiba-tiba berubah menjadi tayangan sinetron kolosal Misteri Gunung Merapi. Spontan, Wulan teriak melihat nenek-nenek menyeramkan di layar. Jadi, sebaiknya gunakan akun google yang lain. Biar tidak kejadian seperti anak saya. Ketemu Mak Lampir, hehehe.

Penggunaan jaringan internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Sehingga STB Android menjadi solusi paling hemat dibanding beli TV Pintar. Hanya dua ratus ribu saja, sudah dapat menikmati tayangan berkualitas. Memasang STB Android MXQ Pro membuat TV biasa menjadi Smart TV.

STB ANDROID MXQ PRO STB ANDROID MXQ PRO Reviewed by Dwi Noviyanti on August 10, 2023 Rating: 5

No comments:

Followers

Powered by Blogger.