MENGGUNAKAN GOOGLE SEARCH CONSOLE UNTUK BLOG

 

google search console untuk blog

GOOGLE

Siapa sih yang tidak kenal dengan Google. Sebuah perusahaan yang khusus melayani layanan produk-produk internet. Layanan produk internet menggunakan Teknologi Informasi (Information Technology). Dilansir dari The Amerika Heritage ® Dictionary of the English Language, mengatakan,

Information Technology (IT): The development, installation and implementation of computer system and applications.

Diartikan bahwa Teknologi Informasi adalah pengembangan, instalasi, dan implementasi sistem komputer dan aplikasi. Hingga akhirnya saat ini Google menjadi perusahaan termuka dalam layanan produk internet yang mengadaptasi teknologi informasi.

Sejarah dan Produk-Produk Google

Google terus melakukan inovasi terhadap setiap produk yang diciptakan. Salah satunya produk layanan internet Google Marketing Platform. Layanan produk tersebut terdiri dari beberapa layanan yang banyak digunakan para blogger untuk mengoptimasi blog (website) yang dikelola. Khususnya tiga layanan yaitu: Google Analytics, Google Tag Manager, dan Google Search Console.

Ketiga produk tersebut dapat meningkatkan trafik pengunjung blog. Pada kesempatan lalu, saya sudah membahas tentang Google Analytics dan Google Tag Manager serta cara pemasangannya. Pada artikel kali ini akan dipaparkan tentang GSC. Google Search Console untuk blog.

BLOGGER

Blogger adalah layanan penerbitan blog (website) pribadi. Layanan blogger ini dikembangkan oleh Pyra Labs, kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2003. Blog yang diterbitkan oleh pengguna diselenggarakan oleh Google dan umumnya diakses secara gratis. Akses gratis yang tersedia menggunakan subdomain blogspot.com.

Tentang Domain, Fungsinya, Top Level Domain, dan Cara Custom Domain

Para pengguna yang menjalankan blog, disebut blogger. Para blogger menyukai banyak hal untuk dibagikan. Mereka berbagi informasi apa saja melalui tulisan. Dimana tulisan-tulisan tersebut diterbitkan melalui blog. Tulisan dalam blog ini yang dikenal dengan 'artikel'.

GOOGLE SEARCH CONSOLE

Google Search Console atau biasa disebut dengan GSC adalah layanan gratis yang disediakan oleh Google. Layanan ini digunakan untuk mengoptimalkan kinerja blog di mata Google. Dimana pengoptimalan tersebut dapat memunculkan artikel dalam halaman Mesin Pencari Google.

Layanan ini pun berfungsi untuk menampilkan laporan status indeks pada blog yang didaftarkan. Selain itu masih banyak fungsi dari Google Search Console. Mari kita bahas.

FUNGSI GOOGLE SEARCH CONSOLE

Berikut adalah beberapa fungsi Google Search Console:

Memudahkan Artikel Terindeks Google

Selain menerapkan SEO (Search Engine Optimization). Saat mempublish tulisan di blog. Komponen penting agar artikel terindeks Google adalah dengan memasang Google Search Console.

Memberikan Halaman Mana Saja Yang Terindeks Google

Dalam Google Search Console ada fitur Inspeksi URL. Dalam laporan yang dihasilkan setelah inspeksi artikel ada istilah 'crawl'.

Crawl atau crawling adalah proses mencari tahu kumpulan halaman dari sebuah web untuk dilakukan pengindeks-an. Adanya fitur dalam GSC ini yang nanti memberi laporan kepada blogger, halaman mana saya yang terindeks oleh Google.

Membantu Menemukan Keyword Populer 

google search console untuk blog
Tampilan Keyword Populer
Seperti yang terlihat dalam gambar bahwa keyword popular dalam website dwinovswa.com adalah mengalir dalam proses.

Cara melihatnya masuk halaman Google Search Console, dan pilih Search Console Insight (ada di atas kanan).

Memberikan Notifikasi Jika Terjadi Masalah

google search console untuk blog
Notifikasi Jika Terjadi Masalah Dalam Artikel
Saya coba melakukan inpeksi URL satu artikel yang tidak terindeks Google. Setelah melakukan inpeksi tak lama muncul notifikasi untuk memperbaiki masalah.

Dapat Digunakan Untuk Memeriksa Broken Link

google search console untuk blog
Gambaran Broken Link
Ketika sudah memasang GSC dan ternyata ada banyak artikel dari blog yang tidak terindeks Google. Biasanya, seorang blogger akan memeriksanya. Begitu pun, saya. Memeriksa link artikel menggunakan fitur dari Google Search Console. Hasil pemeriksaan, ada beberapa kesalahan dalam artikel.

CARA DAFTAR GOOGLE SEARCH CONSOLE

Sudah jelas ya, apa saja fungsi dari layanan Google Search Console. Semua fungsi dapat dirasakan dengan mengoptimalkan fitur-fitur yang disediakan. Bahkan, dapat memberitahu cara pemecahan masalah, apabila artikel mengalami error.

Semua fungsi dari GSC dapat diberdayakan jika kita memasangnya di blog. Adapun tahapan sebelum memasang yaitu melakukan pendaftaran Google Search Console.

PANDUAN MENDAFTAR GOOGLE SEARCH CONSOLE

Pertama-tama masuk ke dalam blog. Pilih setelah - scroll  ke bawah hingga bertemu Crowler dan Pengindeksan (Google Search Console).

  • Kita akan dibawa masuk untuk memilih tipe property dan pilih URL Prefix. Isi dengan nama situs web dengan lengkap (misal, https://dwinovswa.com).

google search console untuk blog
Langkah Awal Membuat Properti di GSC

  • Setelah itu akan tampil pop up ‘Ownership auto verified’, pilih GO TO PROPERTY –  dan otomatis diarahkan ke halaman Google Search Console.

Tahapan mendaftar Google Search Console sudah selesai. Jika ada yang bertanya, kenapa memilih URL prefix bukan Domain?

Perbedaan antara Domain dan URL Prefix adalah properti Domain akan melacak data tentang keseluruhan situs (termasuk subdomain apa pun yang awalannya seperti www, http://, https://, dan lain sebagainya).

Sementara, jika memilih URL akan lebih mudah diverifikasi. Karena hanya akan memasukkan situs web yang akan digunakan. Sehingga lebih mudah menghubungkan ke Google Analytics yang sudah terpasang sebelumnya.

MEMASANG GOOGLE SEARCH CONSOLE

Jika sudah terdaftar dan memiliki properti di Google Search Console. Langkah selanjutnya adalah melakukan pemasangan dengan menautkan Google Analytics. Adapun tahapannya sebagai berikut:

Masuk ke halaman Google Search Console. Pilih setelan – verifikasi kepemilikan – Anda adalah Pemilik Terverifikasi (sudah otomatis terverifikasi). Lalu pilih Analitis Google (Google Analytics) dan verifikasi. Akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Artinya pemasangan GSC sudah selesai.

google search console untuk blog
Tampilan Pemilik Akun Terverifikasi

CARA MENAUTKAN GOOGLE SEARCH CONSOLE DENGAN GOOGLE ANALYTICS

Jika pemasangan GSC sudah selesai. Selanjutnya kita akan menautkan Google Search Console dengan Google Analytics.

Untuk menautkannya, masuk ke akun Google Analytics. Dalam halaman GA pilih menu Admin - setelan pilih properti, lalu scroll ke bawah hingga menemukan penautan search console – klik penautan (posisinya berada dikanan atas).

Dalam halaman penautan kita akan diminta membuat link penautan dengan Google Search Console. Ada Tiga kolom yang harus di isi.

  1. Pilih property search console (akan dibawa ke daftar link akun yang sudah ada) – centang akun  - konfirmasi – selanjutnya.
  2. Pilih Aliran Data Web (dibawa ke aliran data web yang sudah ada) – pilih – selanjutnya.
  3. Tinjau dan Kirim. Sebelum mengirim, silahkan untuk meninjau ulang apa yang sudah kita isi. Jika dirasa sudah benar, selanjutknya – klik kirim

Jika ketiga poin sudah dilakukan dengan benar. Maka Google Search Console sudah tertaut di Google Analytics. Maka tampilan di GA yang sudah tertaut akan seperti ini.

google search console untuk blog
Tautan Google Search Console di Google Analytics

PETA SITUS GOOGLE CONSOLE

Peta situs atau site map merupakan salah satu fitur Google Search Console. Sitemap adalah alat bantu yang mempermudah dalam pengenalan situs di dalam website. Dengan begitu, Google dengan mudah menjelajah dan meraih halaman-halaman yang ada di dalamnya. Adapun cara pemasangan sitemap sebagai berikut:

Masuk halaman beranda Google Search Console. Pilih Peta Situsisi kotak tambahkan peta situs baru dengan *sitemap.xml* (tanpa menggunakan tanda *) – kirim – klik Go It.

google search console untuk blog
Tampilan Peta Situs (Sitemap)

Seluruh rangkaian pendaftaran, pemasangan, penautan dengan Google Analytics, dan memasang peta situs di Google Search Console sudah selesai.

Jika semua rangkaian sudah terpasang dengan baik. Mari kita lakukan uji coba terhadap blog (website) yang sudah kita buat propertinya. Kalian bisa coba mengecek melalui halaman Mesin Pencari Google. 

google search console untuk blog
Pengindeks-an di Pencarian Google

Saya menguji URL dwinovswa.com. Jika Mesin Pencari Google menampilkan daftar seperti di gambar. Artinya sudah terindeks. Jika tidak terindeks, Google akan mengalihkan pencarian dengan nama URL yang mirip.

Kita sudah selesai melakukan seluruh rangkaian pemasangan. Google Search Console untuk Blog. Jika sudah melakukan pengujian dan banyak artikel yang tidak terindeks Google. Disinilah fungsi memasang GSC. Gunakan seluruh fitur yang ada untuk memperbaiki masalah artikel kita.

Demikian artikel kali ini. Semoga dapat memberi pencerahan untuk kalian yang ingin mengoptimalkan website menggunakan Google Search Console. 

MENGGUNAKAN GOOGLE SEARCH CONSOLE UNTUK BLOG MENGGUNAKAN GOOGLE SEARCH CONSOLE UNTUK BLOG Reviewed by Dwi Noviyanti on September 06, 2023 Rating: 5

2 comments:

  1. Membantu sekali buat blogger pemula, terimakasih kak 🙏

    ReplyDelete

Followers

Powered by Blogger.