Mengenal GA4 dan GTM Serta Cara Pemasangannya di Blogger

 

ga4 untuk gtm


Semakin mendalami dunia blogger. Ternyata kian banyak tool yang secara teknis harus dipelajari. Nah, kali ini saya mendapat pengetahuan baru tentang  dunia blog dari kelas Oprec OBS 2023. Materi disampaikan oleh Sugianto atau biasa disapa dengan Kang Ugi. Beliau merupakan senior blogger dalam Komunitas ODOP. Materi yang disampaikan tentang tools dari blog. GA4 melalui GTM. GA4 apa? GTM bukannya akronim dari Gerakan Tutup Mulut? 

Belajar Ngeblog Di ODOP Blogger Squad

Jika ada yang bertanya dan mendefinisikan GTM seperti di atas. Fix, kita sama, sebagai ibu-ibu yang balitanya pernah melakukan Gerakan Tutup Mulut saat makan. Awalnya saya berpikir demikian. Namun, bukan itu artinya. Mari saya jelaskan tentang dua singkatan asing tersebut dalam tulisan kali ini. Mengenal GA4 dan GTM serta dan cara pemasangannya di blogger.

GOOGLE ANALYTICS

GA adalah akronim dari Google Analytics. Mengutip dari materi Kang Ugi.

Google Analytics merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google. Ada juga yang menyebut sebagai tools yang biasa digunakan untuk menilai dan mengoptimalkan performa blog.
Google Analytics digunakan oleh para pemilik website maupun blog dengan tujuan untuk melakukan performa blog berdasarkan data-data statistik yang ditampilkan setelah di baca oleh sistem.

Secara sederhana, adanya Google Analytics dalam website kita berfungsi untuk memberi poin data tentang kinerja situs website. Seperti, siapa yang mengunjungi situs kita? Dan bagaimana mereka menemukannya?

Tampilan Google Anaylistic seperti tampilan aplikasi layanan lainnya. Memiliki fitur: Beranda, Laporan, Jelajahi, Iklan, dan Admin.

GA4

GA4 akronim dari Google Analytics 4 merupakan layanan analytics (analisis logis) yang dikembangkan dan dikenalkan mulai Oktober 2020. GA4 adalah jenis properti baru yang dirancang untuk masa depan pengukuran. Seperti mengumpulkan data aplikasi dan situs untuk memahami perjalanan pengunjung. Mencakup kontrol privasi seperti pengukuran tanpa cookie, serta permodelan konversi, dan perilaku.

GTM

Google Tag Manager disingkat menjadi GTM adalah sebuah tool yang dikembangkan oleh Google guna mengelola semua tag di dalam sebuah website. Sedangkan tag merupakan kode (script) yang terdapat di bagian head dalam struktur HTML. Tag tersebut memiliki fungsi yang dapat melakukan pelacakan terhadap kegiatan pengunjung sebuah website.

GA4 MELALUI GTM DI BLOGGER

Sebenarnya GA4 dapat berdiri sendiri dan bisa diakses secara single tanpa GTM. Namun, GA4 melalui GTM di blogger memiliki beberapa manfaat. Salah satunya dapat mengumpulkan data lengkap dan lebih mendalam mengenai pengguna di situs website kita.

Sebelum memulai cara pemasangan GA4 melalui GTM di blogger. Terlebih dulu kita harus menyiapkan: Akun GA4, Akun GTM dan Memasang kode script di blogspot.

BUAT AKUN DAN SETTING GA4

Cara membuat akun GA4, kalian harus masuk ke https://analytics.google.com/ . Jika belum masuk ke akun google, kalian akan diminta memasukkan akun google. Jangan lupa masukkan akunnya yang menjadi akun blogger. Setelah masuk halaman GA4, kalian akan diminta buat akun. Ada lima tahapan dalam membuat akun.

GA4 Melalui GTM
Tahapan Membuat Akun Goggle Analytics

Setelah selesai membuat akun dan mengetahui detail aliran data (web stream detail). Harap di ingat ID Pengukuran-nya. ID tersebut akan dimasukkan saat mensetting GTM.

Langkah selanjutnya memasang GA4 ke akun blogger kita. Pada halaman detail aliran data, klik ‘lihat petunjuk tag’ maka akan tampil seperti ini.

GA4 Melalui GTM
Script GA yang ditempel ke akun blogger

Copy script di atas dan lakukan parsing di sini, Parsing Tool (memparsing script adalah proses pengambilan data dalam format kemudian mengubahnya ke format lain). Setelah itu copy script yang sudah diparsing. Sejenak kita tinggalkan Google Analytics dan beralih ke akun blog kita.

Masuk ke dashboard blogger pilih tema (arahkan kursor ke tulisan 'sesuaikan') - pilih edit HTML

GA4 Melalui GTM
Lembar Kerja HTML Blogger

Pada bagian ini, tempatkan kursor dimana saja yang kosong lalu klik mouse hingga muncul jendela search. Ketik <head> kemudian paste kode yang sudah diparsing tadi. Lalu simpan (klik icon gambar disket).

GA4 pun sudah terpasang. Namun, laporan yang ditampilkan belum berjalan maksimal, setidaknya menunggu 1x24 jam. Cara untuk mengecek apakah GA4 sudah benar-benar terpasang dalam blogger atau belum. Kalian bisa cek dengan cara masuk ke beranda GA4. Pilih Admin – Pengelolaan Akses Akun – scroll bawah dan pilih DebugView. Jika terlihat ada pergerakan, maka pemasangan sudah berhasil. Meskipun ada bagian yang masih terjeda. Agar debugview dapat berjalan optimal kita harus menautkan GA4 melalui GTM.

BUAT AKUN GTM

Cara membuat akun GTM, kalian masuk ke url tagmanager.google.com  . Untuk yang baru pertama kali buat. Otomatis diarahkan membuat akun. Namun, bagi yang sudah pernah buat akun. Pilih dan klik ‘Buat Akun’ di kanan atas.

GA4 Melalui GTM
Tahapan Membuat Akun GTM

Jika akun sudah dibuat. Akan otomatis tampil kode script yang harus dipasang di blogger. Jika tidak keluar otomatis, kalian bisa mencarinya. Masuk beranda GTM (seperti gambar poin 3) – pilih AdminAktivitas AkunInstal Google Tag Manager

GA4 Melalui GTM
Script GTM yang ditempel ke akun blogger

Cara pemasangan GTM ke blogger, sama persis seperti memasang GA4. Copy script – parsing – copy yang sudah diparsing – paste ke blogger (edit HTML).

Untuk GTM ada dua kode script yang harus di paste ke blogger. Tepat di bawah kode </head> dan </body>. Jika dalam edit HTML terdapat banyak kode head dan body, pilih kode yang paling pertama muncul. Setelah itu simpan. Selanjutnya tinggalkan blogger dan kembali ke beranda GTM.

SETTING AKUN GTM

Setelah melakukan pemasangan GTM ke blogger. Maka selanjutnya adalah mensetting (instal) GTM agar bisa berjalan di blog yang sudah terpasang. Caranya:

·         Pada beranda GTM buat tag baru

·         Buat nama tag (kiri atas)

·         Pilih konfigurasi tag lalu klik pensil (atas kanan)

·         Pilih Google Analytics: Konfigurasi GA4 (urutan teratas)

·         Masukkan ID Pengukuran (ada di ‘detail aliran data’ GA4)

·         Selanjutnya pilih kolom ditetapkan (ketik page view)

·         Lalu pilih pemicuan – pilih all page

·         Simpan

Setelah berhasil melakukkan penyettingan, maka akan diarahkan ke beranda. Dalam beranda akan tampil tag yang sudah kita buat. Selanjutnya adalah mencoba apakah GTM yang kita pasang dan tag yang kita buat sudah sukses berjalan di blogger kita.

Caranya, yaitu klik pratinjau (kanan atas beranda GTM) – ketik url web kita (misal, https://www.dwinovswa.com) harus lengkap dengan https:// – proses terhubung - tunggu hingga muncul jendela baru (masuk website yang tadi kita ketik)

GA4 Melalui GTM
Tampilan GTM Sudah Terpasang di Blogger

GTM yang kita pasang dan tag yang kita buat sudah aktif. Setelah itu kembali ke beranda dan pilih 'kirim' (samping kotak pratinjau). Tunggu prosesnya hingga selesai.

Untuk mengetahui apakah keduanya dapat terlihat di blogger kita. Maka bisa kita cek di halaman Google Analytics. Masuk beranda GA4 – pilih Admin – Pengelolaan Akses Akun – scroll ke bawah pilih DebugView. Jika sudah terlihat adanya proses migrasi website yang terbuka dengan detik jam yang bergulir ke bawah. Maka semua proses berhasil terpasang.

GA4 Melalui GTM
Tampilan GA4 melalui GTM yang Sudah Terpasang dan Tersetting di Blogger

Akhirnya pemasangan dua tools selesai. Ternyata memasang GA4 dan GTM cukup rumit sama seperti pemasangan TLD. Namun, jika mengikuti arahan dengan baik (tanpa banyak interupsi) ternyata tidak serumit yang dibayangkan. Baca baik-baik dengan teliti step by step. Jangan lupa liat trial error dari teman-teman yang mengalami kendala. Pelajari apa yang salah dan perbaiki sesuai jawaban dari pemberi materi atau senior lainnya.

Memasang TLD

Dua tools yang kita pasang merupakan fasilitas dari Google Marketing Platform. Ternyata sudah banyak digunakan bagi website yang bertujuan menjaring pengunjung. Data-data pengunjung website dapat diperoleh dari terpasangnya GA4 dan GTM di blogger. Sehingga bagi seorang blogger yang ingin berkiprah dan mendalami blog  secra profesional harus memasang dua tools ini. GA4 melalui GTM.

Siapa tahu suatu hari nanti ada client yang menggunakan blog kita dan butuh report dari Google Analytics, kan. Jadi lebih baik mempersiapkan diri daripada nanti kelimpungan memasang. Semoga tulisan tentang mengenal GA4 dan GTM serta cara pemasangannya  di blogger, dapat bermanfaat.

Mengenal GA4 dan GTM Serta Cara Pemasangannya di Blogger Mengenal GA4 dan GTM Serta Cara Pemasangannya di Blogger Reviewed by Dwi Noviyanti on September 03, 2023 Rating: 5

No comments:

Followers

Powered by Blogger.