RUMAH MAKAN GABUS PUCUNG UDIN COMBO, CITA RASA MASAKAN BETAWI TEMPO DULU

gabus pucung udin combo

Sepenuturan Mama saya, tanggal 10 Oktober 2023 usianya genap menjadi 69 tahun. Pokoknya kata beliau usianya segitu. Meskipun yang tercatat dalam Kartu Keluarga, lahir ditahun 1958. Saya sebagai anak mengiyakan saja. Berapa pun usianya saya sangat bersyukur dapat menemani hari-hari tuanya.

Prosa Mama

Bulan September kemarin, Mama bilang ke saya katanya mau makan bersama keluarga di luar. Rumah makan khas betawi yang ada di daerah Bekasi. Mama sudah pernah sekali makan disana bersama adik.

Namun, saat ditanya lokasi tepatnya dimana, adik saya bingung menjelaskannya. Jadilah, saya berburu alamat berbekal mbah google dan tanya teman. Alhamdulillah ketemu. Sampai akhirnya terbit ulasan tempat ini. Gabus Pucung Udin Combo. Dalam artikel Rumah Makan Gabus Pucung Udin Combo, Cita Rasa Masakan Betawi Tempo Dulu.

SAYUR GABUS PUCUNG

Sebelum mengulas lebih jauh tempat makan Gabus Pucung Udin Combo. Sepertinya kalian perlu tahu dulu makanan khas betawi yang sudah menjadi legenda bagi masyarakat Betawi. Sayur gabus pucung.

Sayur gabus pucung adalah olahan ikan gabus dengan kuah hitam pekat yang berasal dari pucung (atau yang biasa dikenal dengan ‘kluwek’). Aroma pucung yang khas disiram ke dalam potongan ikan gabus. Dimasak dengan bumbu dan rempah-rempah. Makanan ini sangat menggunggah selera, apalagi jika disajikan dengan nasi hangat.

gabus pucung udin combo

RUMAH MAKAN GABUS PUCUNG UDIN COMBO

Rumah Makan Gabus Pucung Udin Combo ini merupakan tempat makan yang ramai dikunjungi. Bahkan banyak di ulas oleh food vlogger atau blogger terkenal.

Rumah makan ini didirikan oleh H. Syamsudin Kombo yang katanya sudah berdiri sejak awal tahun 1980-an. Mengusung menu khas makanan Betawi. Menu andalannya yaitu Sayur Gabus Pucung. Menjadi makanan yang ingin dinikmati lagi oleh Mama di usia barunya.

Dalam judul saya beri, cita rasa masakan betawi tempo dulu. Alasannya karena setiap menu yang saya pesan. Rasanya memang seperti masakan zaman dulu yang tidak menggunakan bahan penyedap atau bumbu-bumbu racikan instan. Ini yang menjadi ciri khas menu makanan betawi di Rumah Makan Gabus Pucung Udin Combo, menurut saya.

ALAMAT RUMAH MAKAN GABUS PUCUNG UDIN COMBO

Rumah Makan Gabus Pucung Udin Combo yang saya ketahui memiliki dua cabang (kalau ternyata lebih, tolong koreksi, ya). Pertama lokasinya berada di Jalan Raya Harapan Indah, Pondok Ungu. Gabus Pucung Harapan Indah. Biasa dikenal.

Sedangkan Rumah Makan Gabus Pucung Udin Combo yang saya kunjungi bersama keluarga, yaitu beralamat. Jalan Pusaka Rakyat, Kelurahan Pusaka Rakyat, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17214, Telp. 087878312845.

Karena kedua lokasinya berada di Bekasi. Banyak yang menyebut tempat makan gabus pucung ini. Gabus pucung bekasi.

Untuk mengakses ke rumah makan tersebut harus menggunakan kendaraan pribadi. Saya dan keluarga menuju kesana menggunakan layanan kendaaran online. Hanya mengandalkan map google dengan keyword, gabus pucung udin combo. Simple, praktis, dan sampai di depan gapura tempat makan.

gabus pucung udin combo

MENU MAKANAN

Saat berkunjung ke rumah makan. Saya tidak sempat foto menu makanan. Daftar harga menu udin kombo. Pun tidak saya foto karena handphone sedang proses backup file. Sehingga lemot banget.

Eits, tenang saya coba mengingat daftar menu yang terekam dalam memori otak. Untuk harga yang saya ingat akan saya tulis disini. Saya mulai dari daftar menunya.


DAFTAR MENU

Sayur Gabus Pucung

Jengkol

Sayur Bebek Pucung

Lele Pecak

Ikan Bakar, Ikan Goreng

Ayam Bakar, Ayam Goreng

Soto Ayam, Daging

Nasi

Sayur Asam

Sayur Toge

Aneka Lapapan, Pete

Aneka Gorengan

Otak-otak Ikan

Sate Ayam, Daging

Kelapa Bulat

Teh manis, Tawar (hangat, dingin)

Es Jeruk Peras

Air Mineral


Untuk menu yang saya ingat seperti daftar menu di atas. Nah, untuk daftar harga, saya sesuaikan dengan pesanan waktu berkunjung di hari Minggu, 15 Oktober 2023.

Kemarin itu saya ambil menu paket untuk empat orang. Menu paket sebenarnya ada beberapa paket, yang saya ingat, paket empat orang dengan harga Rp215.000 dan paket delapan orang (harganya sekitar empat ratus ribu).

Karena saya hanya berenam, saya ambil paket yang paket empat orang. Sisanya pesan menu tambahan seperti, sayur gabus pucung satu porsi Rp45.000 dan ayam goreng Rp20.000. Nambah nasi, air minum, dan lain-lainnya (bonnya hilang, jadi lupa).

Saya spill menu paket empat orang yang saya pesan. Isi menunya sebagai berikut:

Nasi 4 porsi

Lalapan 1 piring

Pete 1 papan

Air mineral 2 botol (@ukuran 600ml)

Es teh manis 1 gelas

Es jeruk 1 gelas

Ikan bakar gurame 1 ekor

Soto ayam 1 porsi

Sayur asam 1 porsi


Oh, iya. Saat menunggu pesanan. Pramusaji akan mengantarkan tiga piring sajian yang boleh di makan selagi menunggu (harganya di luar paket). Adapun sajian tersebut, yaitu:

  • Satu piring aneka gorengan (bakwan udang, tahu goreng, tempe goreng, dan sambal)
  • Satu piring berisi lalapan (timun, pare rebus, labu rebus, daun singkong, pete, dan sambal)
  • Satu piring otak-otak ikan beserta sambal kacangnya

gabus pucung udin combo

FASILITAS

Untuk sebuah rumah makan. Gabus Pucung Udin Combo. Luar biasa lengkapnya. Serius. Disana tidak hanya tersedia tempat makan, musala, toilet, wastafel cuci tangan. Namun, ada sarana main untuk anak, kolam ikan terapi, dan spot foto yang keren.

TEMPAT MAKAN

Tempat makan di area makan Gabus Pucung Udin Combo sangat luas dan tersedia banyak pilihan. Baik di dalam atau di luar ruangan.

Dalam ruangan tersedia lesehan dan meja makan. Begitu pun dengan di luar ruangan. Ditambah pilihan saung dengan ragam ukuran. Meja dan kursi panjang di luar ruangan dapat dijadikan pilihan jika datang bersama rombongan.

Tapi, ingat, jangan lupa pesan tempat terlebih dahulu. Takut tidak kebagian tempat.

gabus pucung udin combo

MUSALA, TOILET, DAN WASTAFEL CUCI TANGAN

Kemanapun pergi pasti yang pertama dicari adalah Musala dan Toilet. Tenang, dua tempat tersebut tersedia dengan baik dan terawat.

Tempat wudu-nya pun besar. Selain itu terdapat sekat tembok yang membatasi dengan tempat wudu perempuan dengan lelaki. Jadi, jangan takut ketinggalan lima waktu saat makan disana. 

gabus pucung udin combo

Wastafel cuci tangan di tempat makan tersebar dibeberapa titik. Tidak perlu kelamaan ngantri untuk mencuci tangan karena tersedia banyak.

ARENA MAIN ANAK

Rumah makan dan ada arena bermainnya. Asyik, kan. Tempat makan idaman ibu-ibu, seperti saya. Meskipun bawa anak, jadi gak khawatir anak bosan atau cranky minta pulang. Anak-anak dijamin betah.

Arena bermainnya pun cukup lengkap sarananya. Terdapat terowongan, seluncuran, panjat tali, panjat pijakan batu, ayunan, dan lantainya ramah anak.

Gak kalah seru lagi. Ternyata disamping arena main terdapat tempat pemancingan. Jadi, kalau si bapaknya anak-anak yang bosan, bisa merokok sembari ikutan mancing. Atau bisa sembari ngopi-ngopi ganteng, gitu, hehehe.

SPOT FOTO

Selain ada arena main anak. Untuk yang suka update status. Tenang, disini tersedia spot foto yang keren dan serba guna. Kolam ikan terapi. Kolam ini desainnya keren. Buat foto-foto hasilnya pasti bagus.

Selain itu kolam ini diisi ikan-ikan terapi. Kalau mau coba, tinggal celupin kaki aja ke dalam kolam. Nanti kakinya akan dikerubungi ikan, seperti Mama saya yang kegelian. Kolam ini fasilitas untuk pengunjung (tidak berbayar seperti di tempat rekreasi).

Biasanya, kalau datang ke rumah makan saat weekend. Pengunjungnya ramai sekali. Imbasnya pesanan kita jadi lama datang. Nah, untuk nunggu makanan jadi, kalian bisa main di kolam terapi atau nemenin anak main di arena main.

Sebenarnya ada satu spot foto lagi. Dekorasinya tuh seperti taman yang dinding dan lantainya dipenuhi rumput sintetis. Ditambah ada dua kursi kayu yang membuat hasil foto estetik. Tempatnya dekat tempat makan area dalam. Itu juga spot foto yang bagus dan keren (gak sempat foto karena udah ditungguin supir).

AKHIR KATA

Seperti yang saya katakan bahwa cita rasa menu masakan Rumah Makan Gabus Pucung Udin Combo memiliki cita rasa tempo dulu. Maksudnya, tidak menggunakan bumbu-bumbu racik instan atau penyedap buatan pabrik. Semua menu masakan, asli dari bumbu-bumbu dapur dan aneka rempah-rempah.

Menurut saya yang lidahnya sudah terkontaminasi dengan berbagai bahan penyedap dan bumbu-bumbu instan pabrik. Rasa masakannya kurang masuk di lidah (sepertinya lidah saya sudah kebanyakan MSG, hehehe).

Namun, berbeda dengan Mama saya. Rasanya sangat cocok dilidah beliau dan sangat menyukainya. Ingat masakan zaman dulu, katanya.

Jadi, kalau kalian ingin menyenangkan hati orang tua yang sudah berumur dan ingin ajak makan diluar rumah. Cari tempat makan yang ramah di lidah mereka (bukan lidah kita). Salah satunya, saya rekomendasikan tempat makan ini. Gabus Pucung Udin Combo.

Melihat orang tua makan dengan lahap, sebuah anugerah dan momen paling berharga bagi saya. Yuk, ajak orang tua kita jalan dan makan di tempat yang mereka sukai.

RUMAH MAKAN GABUS PUCUNG UDIN COMBO, CITA RASA MASAKAN BETAWI TEMPO DULU RUMAH MAKAN GABUS PUCUNG UDIN COMBO, CITA RASA MASAKAN BETAWI TEMPO DULU Reviewed by Dwi Noviyanti on October 19, 2023 Rating: 5

No comments:

Followers

Powered by Blogger.