WISATA RELIGI ISLAM, ZIARAH MAKAM WALI SONGO

 

wisata religi

Jika ditanya tempat wisata impian, Kalian akan jawab apa?

Kalau saya yang ditanya, kemanapun tempat wisata yang dituju. Saya akan mengajak serta Mama dan anak saya, Wulan. Tiga perempuan, terpaut usia yang hobinya jalan-jalan. 

Kebetulan Allah menganugerahkan kami bertiga kaki yang kuat jalan. Sehingga tiap bepergian jarang ada yang mengeluh. Seperti perjalanan terjauh kami pertama kali ke Sulawesi Selatan, kampung almarhum bapak.

Perjalanan ke Sulawesi Selatan

Nah, balik kepertanyaan. Tempat wisata impian bagi saya adalah tempat-tempat bersejarah yang religius. Wisata religi. Kenapa wisata religi? Apa bedanya wisata biasa dengan wisata religi? Akan saya paparkan dalam artikel. Wisata religi Islam, ziarah makam Wali Songo.

WISATA RELIGI

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Wisata adalah v 1 bepergian bersama-sama (untuk memperluas pengetahuan).

Sedangkan Wisata Religi adalah wisata rohani, dimaknai sebagai wisata mengunjungi tempat-tempat yang memiliki makna khusus bagi umat beragama tertentu.

Karena saya beragama Islam. Bentuk wisata religi Islam diantaranya, berziarah ke makam-makam para Wali Allah, berkunjung ke masjid-masjid besar yang menjadi ikonik suatu wilayah dan memiliki nilai sejarah yang tinggi.

wisata religi

MEKKAH DAN MADINAH, ARAB SAUDI

Mekkah dan Madinah, Arab Saudi merupakan tempat wisata religi yang menjadi impian setiap umat muslim di seluruh dunia. Siapa yang tidak ingin mengunjungi Ka’bah, makam para nabi, dan masjid-masjid bersejarah yang menjadi peradaban sejarah Islam di muka bumi.

Begitupun dengan saya. Mekah dan Madinah menjadi tempat impian yang ingin saya kunjungi bersama orang terkasih. Namun, mengunjugi tempat paling suci di muka bumi tersebut, tidak hanya membutuhkan uang semata atau fisik yang sehat. Melainkan izin dari Allah Subhanahuta’ala.

Itu sebabnya yang melakukan ibadah haji atau umrah tidak semata-mata mereka yang memiliki uang banyak dan jasmani sehat. Atau sebaliknya, orang yang mungkin kita lihat tidak memiliki uang. Tiba-tiba pergi ke Mekkah, bahkan melakukan serangkaian Ibadah Haji. Contoh nyatanya, Mama saya. Siapa yang menyangka kalau Mama yang hanya seorang penjual nasi uduk bisa naik haji. Itulah yang saya maksud izin dari Allah.

Dwi Si Anak Penjual Nasi Uduk    

ZIARAH MAKAM WALI ALLAH

Wisata religi makam. Salah satu bentuk wisata religi Islam. Bentuk wisata religi ini memiliki keterikatan yang erat dengan sisi keagamaan. Dimana dalam eksistensinya dapat dilihat kegiatan berziarah kubur atau mengunjungi makam-makam para wali, sesepuh, nenek moyang, atau tokoh-toko yang gugur dalam memperjuangan Agama Islam.

Wisata religi Islam di Indonesia. Salah satunya ziarah makam wali Allah atau di Indonesia lebih dikenal dengan Ziarah Wali Songo. Dimana ada sembilan wali yang berperan dalam penyebaran ajaran Islam di Pulau Jawa.

Ziarah Wali Songo adalah sebuah bentuk penghormatan untuk para wali yang sudah mengajarkan dan menyebarkan ajaran Islam di wilayah Indonesia. Pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan ziarah kubur pada umumnya. Peziarah berkunjung dan melantunkan doa yang tujukan para wali. Hanya saja makam Wali Songo tersebar di beberapa titik di Pulau Jawa. Sehingga peziarah selain melakukan ziarah dapat melakukan wisata kuliner atau melakukan tadabur alam sesuai destinasi tujuan makam yang dituju.

SEMBILAN WALI SONGO

Adapun kesembilan Wali Songo yaitu, sebagai berikut:

1. SUNAN KALIJAGA

Raden Mas Said atau yang dikenal dengan Sunan Kalijaga adalah sosok wali fenomenal bagi umat muslim khususnya di Jawa. Menyebarkan ajaran Agama Islam menggunakan strategi dakwah dengan seni wayang atau mendalang.

Suna Kalijaga berhasil menciptakan karakter perwayangan seperti Semar, Bagong, Petruk, dan Gareng. Selain perwayangan Sunan Kalijaga pun memiliki sebuah tembang yang terselip ajaran Islam salah satunya Lir-Ilir.

2. SUNAN MURIA

Raden Umar Said merupakan nama kecil dari Sunan Muria adalah anak dari Sunan Kalijaga yang meneruskan perjuangan ayahnya dalam menyebarkan ajaran Islam.

3. SUNAN KUDUS

Sunan Kudus adalah Ulama dan Panglima perang Kesultanan Demak. Nama lahirnya yaitu Ja’far Ash-Shadiq.

Metode dakwah yang dilakukan Sunan Kudus adalah dengan cara mendekati masyarakat untuk mengajarkan teknologi pertukangan, pembuatan keris, kerajinan emas, dan kebutuhan lainnya.

4. SUNAN GRESIK

Maulana Malik Ibrahim atau dikenal dengan Sunan Gresik adalah pemimpin Wali Songo generasi pertama dalam menyebarkan Agama Islam di Tanah Jawa. 

5. SUNAN AMPEL

Ahmad Rahmatillah adalah nama asli dari Sunan Ampel. Beliau menjadi pemimpin Wali Songo menggantikan Sunan Gresik yang wafat.

6. SUNAN BONANG

Nama asli Sunan Bonang adalah Raden Maulana Makdum Ibrahim. Sunan Bonang merupakan anak kedua dari Sunan Ampel yang mengikuti jejak ayahnya menyebarkan ajaran Islam di Tuban dan Jawa Timur.

7. SUNAN DRAJAT

Raden Qasim yang kemudian mendapat gelar menjadi Raden Syarifuddin adalah nama dari Sunan Drajat.

Selain Sunan Bonang, putra Sunan Ampel yang ikut menyebarkan ajaran Islam adalah Sunan Drajat. Metode dakwah yang digunakan yaitu melalui pendidikan akhlak.

8. SUNAN GIRI

Sunan Giri memiliki nama asli Muhammad Ainul Yakin. Beliau merupakan murid dari Sunan Ampel yang meneruskan perjuangan dalam penyebaran ajaran Islam. Prinsip Sunan Giri adalah mengalahkan musuh tanpa membunuhnya.

9. SUNAN GUNUNG JATI

Syarif Hidayatullah merupakan nama asli dari Sunan Gunung Jati. Semasa hidupnya Sunan Gunung Jati menempuh jalur politik dengan menjalin kerja sama untuk mengokohkan dakwah Islam.

Lokasi makam kesembilan Wali Songo

WISATA RELIGI BERSAMA ORANG TERKASIH

Wisata religi dengan mengunjungi ziarah makam para wali Allah sebenarnya sudah pernah saya lakukan bersama Mama dan Wulan. Yang baru kami kunjungi adalah makam Abah Anom (KH. Shohibulwafa Tajul Arifin). Semasa hidupnya Abah Anom menguasai tiga sumber penting ilmu Islam yaitu Fiqih, Ilmu Kalam, dan Tasawuf.

Abah Anom meneruskan perjuangan ayahnya yaitu , Abah Sepuh yang mengajarkan pelajaran Tarekat Qadariyah Naqsyabandiyah yang tujuannya untuk mencapai ketenangan dalam kehidupan dunia dan kebahagiaan akhirat.

wisata religi

Wisata religi bersama orang terkasih yang ingin saya wujudkan adalah mengunjungi kesembilan Wali Songo yang tersebar di Pulau Jawa. Sebenarnya Mama dan saya sudah pernah melakukan ziarah makam Wali Songo hanya saja tidak lengkap dan tidak bersama Wulan. Sehingga saya berkeinginan dan bermimpi untuk wisata religi ke makam Wali Songo.

Salah satu Wali Songo yang beberapa kali saya kunjungi adalah makam Sunan Kudus, Sunan Kalijaga, dan Sunan Muria. Kebetulan nenek Wulan dari ayahnya berasal dari Demak, Jawa Tengah. Dan salah satu alasan ayahnya memberi nama Dewi Rasawulan yaitu menyadur nama dari adik Sunan Kalijaga.

MANFAAT WISATA RELIGI

Pada umumnya manfaat wisata religi yaitu sebagai berikut:

  • Sebagai Penawar dahaga spiritualJika obyek wisata pada umumnya menawarkan kesenangan fisik semata. Wisata religi lebih menekankan aspek pencerahan secara spiritual agar pengunjung mendapat sesuatu yang diharapkan dari tujuan kunjungannya.
  • Menambah wawasan. Pada umumnya wisata religi berkaitan dengan historis daerah destinasi yang dituju dan tokoh spiritual. Termasuk kearifan lokal sebagai asal muasal daerah destinasi tersebut.
  • Mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Dengan lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta, manusia dapat melakukan pencerahan batin sehingga mampu merasakan kebahagiaan hakiki. Suatu kebahagiaan yang dapat dirajut dengan relasi vertikal dengan Sang Pencipta dunia.

Sedangkan manfaat bentuk wisata religi Islam, berziarah makam entah makam Wali Allah, sesepuh, atau kerabat menjadikan manusia sadar akan kemewahan dunia yang akan hilang. Tidak ada yang abadi di dunia. Sesungguhnya kehidupan yang kekal abadi hanyalah kehidupan di akhirat.

Kerap kali saya sering mendengar petuah dari para sesepuh, seperti ini.

Ziarah jangan jauh-jauh sampai luar kota atau luar negeri, kalau makam orang tua tidak pernah dikunjungi

Sampai akhirnya ketika bapak saya berpulang keharibaan. Sebisa mungkin berziarah ke makam bapak. Hingga saat Wulan lahir, mulai saya ajari dia ziarah makam kakek dan leluhurnya. 

Saya ingin menanamkan kepada Wulan bahwa kelak semuanya akan wafat. Namun, ada tiga amalan yang tidak terputus meskipun sudah wafat, yaitu: Sedekah Jariyah, Ilmu yang Bermanfaat, dan Doa Anak Soleh/Soleha.

KATA PENULIS

Akhir kata dari saya. Mari kita niatkan hati untuk mengunjungi rumah Allah di tanah suci Mekkah. Semoga saya dan kalian semua dapat mewujudkan mimpi mengunjungi Ka’bah. Tempat wisata religi impian umat muslim di seluruh dunia.

Atau setidaknya mengunjungi makam Wali Allah yang tersebar di seluruh pelosok Negeri Indonesia. Namun, jangan lupakan kramat paling  penting dan utama, makam orang tua (jika sudah berpulang). 

Sekian artikel kali ini. Wisata religi. Wisata yang diharapkan mendapat atau menemukan ketenangan dan kebahagiaan yang hakiki dari tempat sejarah atau makam yang dikunjungi.

WISATA RELIGI ISLAM, ZIARAH MAKAM WALI SONGO WISATA RELIGI ISLAM, ZIARAH MAKAM WALI SONGO Reviewed by Dwi Noviyanti on September 29, 2023 Rating: 5

No comments:

Followers

Powered by Blogger.